BARABAI, metro7.co.id – Program kegiatan Subuh Keliling (suling) yang melibatkan kerjasama Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang ke-182, di Masjid Karamat Palajau, Kecamatan Pandawan, Jumat (7/8).

Suling biasanya diisi dengan ceramah agama atau tausyiah. Namun, ditengah pandemi Covid-19, suling diisi dengan sosialisasi penanggulangan oleh Tim Satuan Tugas HST, mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19.

Bupati HST H A Chairansyah, didampingi Wakilnya Berry Nahdian Forqan dalam sambutannya merasa bersyukur bisa bersilaturrahmi dan shalat subuh berjamaah dengan warga Desa Palajau.

“Kita bersama-sama meriahkan masjid, terlebih diwaktu shalat subuh,” kata Chairansyah.

Dia berharap, kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan kerukunan antar warga.

Selanjutnya, Chairansyah mengingatkan agar masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan lebih disiplin, seperti jaga jarak, selalu mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker.

“Itu semua karena mengingat penderita Covid-19 baik di daerah lain maupun di Kabupaten HST cederung meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSHD H Damanhuri Barabai selaku Tim Satuan Tugas dr M Asnal menyampaikan, sesuai yang telah disampaikan pak Bupati bahwa penderita Covid-19 cenderung meningkat.

“Data terupdate, ialah angka penderita yang terperiksa, faktanya belum tentu, bisa lebih,” ucap Asnal.

Asnal juga menjelaskan terkait sejarah singkat timbulnya Covid-19, gejala-gejala yang ditimbulkan, dan bagaimana melawan penyakit ini. Termasuk tentang kelompok umur yang rentan terjangkit.

“Relatif aman bagi anak muda, maka bila anak muda terkena, dia tidak akan menimbulkan gejala. Sehingga bisa menularkan ke orang lain,” pungkasnya.

Kemudian, lanjut Asnal, virus corona itu tidak ada obatnya, maka para ilmuan atau peneliti ingin menemukan vaksinnya sebagai antibody.

“Harapan kami, selaku Pemkab HST dan tim Satuan Tugas mohon semua masjid sesering mungkin disemprot disinfektan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, mari taati dan patuhi protokol kesehatan,” tutupnya.

Perwakilan masyarakat lingkungan Masjid Karamat Palajau menambahkan, masyarakat menyambut baik dengan adanya kegiatan Suling tersebut, kami berharap senantiasa didatangi serta diberikan bimbingan oleh ulama dan umara, baik dalam beribadah maupun dalam kehidupan sehari hari.

Hadir dalam acara tersebut Direktur RSHD H Damanhuri Barabai dr M Asnal, Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA H Muhammad Yusuf, Kabag Kesra, dan masyarakat di lingkungan Masjid Karamat Palajau. *