AMUNTAI – Dalam menyerap aspirasi para jajaran ditingkat kecamatan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara barencana menggelar Rapat Kordinasi atau Rakor dengan pihak Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pendidikan yang tersebar di 10 kecamatan.
Nantinya, melalui kegiatan itu, diharapkan mampu menyerap aspirasi dari pihak kepala sekolah dan guru seputar kendala mereka dilapangan, berikut seputar informasi perkembangan dunia pendidikan.
Kepala Dinas Pendidikan Drs H Rahmat melalui Sekretaris H Amberani SH MH menjelaskan, tahun ini, pihaknya akan melaksanakan kegiatan Rapat Kordinasi dengan jajaran UPT pada tingkat kecamatan.
Adapun gambaran pelaksanaan dilapangan nantinya, tutur Amberani, dengan melakukan Rakor di UPT tiap kecamatan, tentu saja pihaknya akan mengundang pihak kepala sekolah maupun tenaga pendidik. Untuk bahan rakor diantaranya membahas kedisiplinan guru, proses belajar mengajar dan kendala dilapangan.
“Mendengar aspirasi mereka, begitupun misalkan ada kebijakan-kebijakan pendidikan dikemudian hari milik dinas, provinsi maupun pusat, dapat disampaikan dalam forum tersebut,” terang Amberani.
Terkait apirasi, pihaknya akan menampung segala masukan baik dari kepala sekolah maupun para guru, selanjutnya memformat keinginan satuan pengelola pendidikan itu, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan sumber daya pemerintah daera, dalam hal ini Dinas Pendidikan.
Dinggung waktu kapan pelaksanan rakor, sumber menjelaskan, tergantung kesiapan dari Kadisdik kapan berlangsungnya, yang jelas memang akan kita laksanakan dalam waktu dekat.
Disamping itu, program Patuh (Pencegahan Putus Sekolah, Red), tetap akan berjalan. Yang menjadi tugas UPT, melakukan pemantauan anak potensial untuk putus sekolah, biasanya ditahun ajaran baru permasalahan itu akan muncul.
“Faktor ekonomi dan jarak menuju sekolah menjadi penyebab utama kasus putus sekolah di HSU, maka itu, program Patuh hadir untuk masyarakat,” tandasnya.Metro7/Fit