TANJUNG – Ingin mengakomodir dan membantu masyarakat yang memiliki kemampuan dalam usaha membuat wadai termasuk membuat makanan untuk berbuka puasa. Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Ramadhan tahun depan atau 2017 nanti bakal menggratiskan semua lapak pasar Ramadhan yang ada di Bumi Sarabakawa.
“Tahun depan semua lapak pasar Ramadhan kita gratiskan untuk para pedagang,” ucap Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat bersafari Ramadhan ke pasar ta’jil Kelua dan di Mesjid Nurul Huda Desa Masintan Kelua.
Digratiskannya lapak pasar ramadhan tersebut disebut Anang bertujuan untuk membantu masyarakat yang mempunyai keahlian membuat wadai maupun makanan agar bisa berjualan di pasar-pasar Ramadhan.
“Saya prihatin dan tidak ingin masyarakat yang mempunyai keahlian tersebut tidak bisa berjualan, hanya dengan alasan tidak dapat nebus lapak jualannya. Maka itu tahun depan semuanya Insya Allah kita gratiskan,” katanya lagi.
Bantuan penggratisan lapak pasar Ramadhan pun sudah dimulainya di Ramadhan tahun ini, yakni untuk pasar Ramadhan Tanjung, Mabuun serta Kelua. Anang pun mengaku bantuan tersebut bukan dari dana APBD, melainkan murni dari uang kantung pribadinya serta sumbangan dari pejabat lainnya.
“Tadi di pasar Ramadhan Kelua sudah kita serahkan bantuan uang tebusan lapak kepada para pengelolanya. Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi para warga yang berjualan disana,” imbuhnya.
Sementara pada kegiatan safari Ramadhan di Desa Masintan tersebut, bupati Anang turut menyampaikan beberapa rencana proyek pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan kelua. Yakni program cetak sawah 50 hektar yang dikerjakan TNI dan masyarakat, pengerjaan lanjutan pembangunan Jembatan Masintan pada 2017, lalu pembangunan lapangan sepak bola, kemudian pembangunan jalan Takulat Bacu, serta jalan Takulat-Jangkung. (metro7)