TANJUNG — Bupati Tabalong Drs.H.Rachman Ramsyi didampingi Wakil Ketua DPRD H.Suriyono, SE, Wakil Bupati H.Muchlis, SH, Ketua MUI KH.Rasyidi, Lc dan unsur muspida lainnya Senin (24/9) tadi secara resmi melepas keberangkatan 320 calon jamaah haji Tabalong kloter pertama menuju Banjarbaru yang akan diterbangkan Selasa melalui Bandara Syamsudin Noor menuju Jeddah transit melalui Bandara Banda Aceh.
Prosesi pelepasan pemberangkatan calon jamaah haji asal Tabalong ini dilakukan secara khidmat yang diawali dengan pembacaan doa oleh K.H.Marjuni yang lebih akrab dikenal masyarakat Tabalong dengan sebutan Guru Dukuh mengambil nama asal tempat tinggal beliau desa Dukuh, kemudian dilanjutkan dengan sambutan singkat Bupati Tabalong sekaligus pelepasan keberangkatan calon jamaah haji yang menggunakan 8 unit bus khusus.
Dalam sambutan singkatnya Bupati Tabalong Drs.H.Rachman Ramsyi, M.Si menjelaskan setelah kloter pertama ini kita berangkatkan akan menyusul lagi sebanyak 65 orang calon jamaah haji kloter kedua asal Tabalong yang juga akan diberangkatkan pada tanggal 10 Oktober mendatang.
Usai sambutannya Bupati memimpin mengumandangkan “Labbaik Allahuma Labbaik, labbaik kalla sarikalla labbaik, minal hamda walnikmatta, lakawalmul, la sarikalla dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim keberangkatan jamaah haji kloter pertama secara resmi dilepas oleh Bupati yang diiringi dengan kumandang adzan oleh H.Muhammad Husin.
Begitu bus bernomor 1 pelan-pelan didepan mulai berangkat diikuti mobil bus lainnya, lambaian tangan keluarga dan ribuan masyarakat yang turut mengantar keberangkatan itu merasa terharu dan nampak terlihat beberapa kaum wanita meneteskan air mata mengiringi keberangkatan yang cukup jauh, konon memakan waktu perjalanan udara selama ± 11 jam itu demi melaksanakan panggilan Allah SWT melaksanakan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima. Metro7/Via