TANJUNG — Untuk mempererat jalinan silaturahmi dan kebersamaan khususnya bagi sesame guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Tabalong pada hari Kamis (20/9) sekitar 400 an orang guru Pendidikan Agama Islam yang tergabung dalam Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Kabupaten Tabalong menyelenggarakan kegiatan halal bihalal yang mengambil tempat di gedung Saraba Kawa Tanjung.
Kehadiran para guru Agama Islam tersebut berasal dari sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Tabalong.
Halal bihalal dihadiri Bupati Tabalong Drs.H.Rachman Ramsyi, M.Si dan beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah serta undangan penting lainnya, tidak ketinggalan juga hadir pengurus AGPAI Propinsi Kalimantan Selatan.
Dalam laporan yang disampaikan Ketua Panitia Pelaksana halal bihalal guru Pendidikan Agama Islam SD, SMP, SMA/SMKL se Kabupaten Tabalong tahun 2012, Arli Jahrudin, S.Ag memaparkan sebagaimana kita maklumi bersama bahwa manusia terlahir di dunia ini telah memegang predikat sebagai makhluk sosial yang tidak pernah lepas dari sesamanya, tidak ada manusia yang sempurna karena tetap memerlukan pihak lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, maka dari itu manusia mempunyai kecendrungan untuk berkelompok dan bermasyarakat.
Pada konsep tolong menolong mengingatkan kepada kita bahwa bermasyarakat haruslah ada motivasi untuk saling bantu membantu atau bekerjasama dalam hal kebajikan dan taqwa. Sehingga hubungan antar individu bukan hanya sebatas garis kepentingan semata apalagi hanya bertendensi materi, namun hubungan tersebut lebih diorientasikan kepada kebijakan dan amal saleh, maka akan tercipta suasana yang akrab dan harmonis dalam bermasyarakat sehingga terwujudnya visi misi Kabupaten Tabalong yang sehat, cerdas berbasis agamis.
Secara terpisah Arli Jahrudin S.Ag kepada warytawan Metro7 menjelaskan halal bihalal yang diselenggarakan AGPAI senantiasa diisi dengan kegiatan rutin keagamaan dan rencana tahun-tahun mendatang pelaksanaannya akan dilaksanakan dalam momentum sebelum hari raya Idul Fitri.
Tidak ketinggalan dalam acara itu perwakilan pengurus AGPAI Propinsi Kalimantan Selatan menyampaikan sambutan singkatnya yang dikemas dalam judul Sekapur Sirih yang sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus AGPAI Kabupaten Tabalong, serta kepada Bupati Tabalong yang berkenan mengundang pihak AGPAI Propinsi dalam kegiatan halal bihalal itu.
Sementara itu Bupati Tabalong Drs.H.Rachman Ramsyi, M.Si dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan halal bihalal bagi para guru pendidikan agama Islam yang merupakan ajang untuk sama-sama bersilaturahim. Dikatakan bupati, guru adalah merupakan yang berada di garis depan dalam uapaya memajukan dunia pendidikan, pembinaan bagi guru-guru agama lingkup sekolah SD, SMP, SMA/SMK masih memerlukan uluran dan perhatian dari Kementrian Agama, kaitannya bagi guru yang berada di lingkup pemkab seperti para guru Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah yang sangat diperlukan adanya kebersamaan dalam panduan materi mata pelajaran keagamaan misalnya SDM perlu disejajarkan dengan Madrasah Ibtidaiyah, begitu juga dengan SMA/SMK supaya materi mata pembelajaran bisa disejajarkan sehingga kalau para pelapor yang sudah lulus SLTA mereka bisa masuk ke Perguruan Tinggi mana saja harap bupati.
Pada kesempatan halal bihalal diisi dengan ceramah agama yang disampaikan Ustadz KH.Mugeni Abul. Metro7/Via