Paringin — Pemerintah Kabupaten Balangan serius untuk mewujudkan swasembada daging di daerahnya. Salah satunya dengan membentuk sentra peternakan di delapan kecamatan di Bumi Sanggam.
Saat ini sudah ada tujuh desa di Kecamatan Lampihong dan Batu Mandi yang akan dikembangkan menjadi sentra peternakan. Yaitu Desa Lajar, Papuyuan, Hilir Pasar, Batu Merah, Mampari, Mantimin dan Hamparaya.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, Tuhalus, mengatakan pengembangan program tersebut tidak lepas dari peran serta pihak ketiga dalam pelaksanaan suatu kegiatan. “Dengan adanya kerjasama pihak ketiga merupakan bagian yang sangat penting untuk mensukseskan suatu program dalam bidang sentra peternakan,” katanya.
Kerja sama ini diharapkan bisa terus berlangsung dan berkelanjutan. “Pemerintah Kabupaten Balangan sudah menyediakan 53 ekor sapi yang akan disebar kebeberapa desa yang dicanangkan sebagai kawasan sentra peternakan,” tambahnya.
Pengembangan program kawasan sentra peternakan memiliki beberapa kriteria. yakni dengan adanya minat masyarakat, potensi wilayah dan banyaknya rumput-rumput alam yang segar. “Diharapkan dengan upaya yang diharapkan bisa mencapai target swasembada daging guna mencukupi kebutuhan masyarakat dan sekaligus meningkatkan perikonomian kerakyatan,” tandasnya. (Metro7Fit)