METRO7.CO.ID, Paringin – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan bersama-sama warga sekitar serta aparat keamanan, Rabu (13/12) kemarin, melakukan pembersihan akses jalan yang tertutup tanah longsor.

Akses jalan sepanjang 20 meter yang dibersihan ialah, areal longsor yang terjadi di Desa Ajung Kecamatan Tebing tinggi pada Senin (11/12/2017) lalu.

Menurut Kasi kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad syuhada, pembersihan material longsor yang dilakukan oleh tim bersama-sama warga sekitar serta aparata keamanan ini sudah yang kedu kalinya.

Karena sebelumnya, kata Syuhada , juga telah dilakukan pembersihan, namun hanya untuk bisa dilewati akses kendaraan roda dua, sedangkan yang terakhir ini adalah merupakan pembersihan secara keseluruhan.

“Akses jalan memang sempat tertutup akibat tertimbun longsor. Tapi kini akses jalan sudah bisa dilalui, sebab sudah kita bersihkan,” ujar Syuhada.

Musim hujan dan cuaca ektrem seperti saat ini, menurut dia, memang rawat terjadi musibah banjir dan longsor, terlebih didaerah yang mempunyai topografi berbukit seperti di Kecamatan Tebing Tinggi dan Halong.

Bahkan lanjut dian, musibah longsor juga sudah pernah terjadi di Desa Ajung dan Langkap Kecamatan Tebing Tinggi serta di Desa Mamigang Kecamatan Halong beberapa waktu lalu.

Tapi beruntung, lanjut dia, beberapa kali lomgsor yang terjadi tidak sempat memakan korban jiwa.

Namun demikian, pihaknya kata Syuhada, meminta warga selalu waspada baik terhadap bencana longsor maupun banjir, sebab hujan masih akan turun beberapa hari kedepan.

“Kita menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap musibah longsor ini, karena musim hujan seperti sekarang ini longsor sering kali bisa terjadi,” pungkasnya. (Metro7)