METRO7.CO.ID, PARINGIN – Bencana longsor akibat hujan lebat kembali terjadi di Kabupaten Balangan. Kali ini, akses jalan dari Desa Mauya ke Mamigang di Kecamatan Halong yang tertimbun tanah akibat longsor.

Bencana longsor yang sudah terjadi seminggu lalu tersebut, baru dilakukan pembersihan material longsornya , Sabtu (25/11) oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan dengan dibantu alat berat.

Kasi kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad syuhada mengungkapkan, bencana longsor yang terjadi akibat hujan lebat ini terjadi di enam titik dengan kepanjangan longsor bervariasi antara 30 meter sampai 60 meter.

“Akses jalan memang sempat tertutup akibat tertimbun longsor. Tapi kini akses jalan sudah bisa dilalui, sebab sudah kita bersihkan,” ujar Syuhada.

Sebelum, kata Syuhada, musibah longsor juga terjadi di Desa Ajung dan Langkap Kecamatan Tebing Tinggi, dimana ada delapan titik longsor yang terjadi.

Tapi beruntung, lanjut dia, beberapa kali lomgsor yang terjadi tidak sempat memakan korban jiwa.

Namun demikian, pihaknya kata Syuhada, meminta warga selalu waspada baik terhadap bencana longsor maupun banjir, sebab hujan masih akan turun beberapa hari kedepan.

“Kita menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap musibah longsor ini, karena musim hujan seperti sekarang ini longsor sering kali bisa terjadi,” pungkasnya. (Metro7)