PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin secara langsung melihat panen perdana padi sekaligus video conference bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di areal persawahan Desa Galumbang Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, kemarin.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolres Balangan, perwakilan Kodim 1001 Amuntai-Balangan serta Dinas Pertanian setempat.

Menurut Bupati Balangan, ada sekitar 200 hektare padi pada panen perdana tersebut. Untuk realisasi panen atau produksi Januari hingga April ini, ada sekitar 29.285 ton gabah.

“Rata-rata produksi kita per hektarenya adalah 6,8 ton,” ungkap dia.

Untuk target tanam sendiri lanjut dia, tahun ini adalah 32.389 hektare sedangkan realisasinya adalah 33.766 hektare atau melebihi target yakni 1.377 hektare.

“Dengan kondisi ini, ketersediaan beras Balangan ke depan aman termasuk untuk menghadapi kondisi wabah Covid-19. Makanya saat video conference bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tadi, Balangan mewakili Provinsi Kalsel terkait panen perdana, dan Balangan termasuk daerah penyangga pangan atau beras,” beber dia.

Adapun untuk hasil panen Jagung pada Tahun 2020, penanaman dari Januari-Desember ditargetkan seluas 5.353 Hektar. Dengan realisasi tanam sampai Bulan April seluas 759 Hektar.

Realisasi Panen Jagung sampai April 2020 seluas 741 Hektar, dengan produksi 6.497 ton. Ansharuddin berharap, dengan adanya perolehan hasil panen ini, masyarakat di Kabupaten Balangan aman dalam pemenuhan kebutuhan pangan, khususnya beras. (metro7/wrt)