Paringin, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menargetkan produksi padi pada tahun ini sebanyak 162 ribu ton.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Balangan, Tuhalus di Paringin, Jumat mengatakan, panen perdana telah dilaksanakan di Desa Muara Pitap Kecamatan Paringin sebagai awal produksi padi di wilayah ini.
“Panen perdana tahun ini dilaksanakan di Desa Muara Pitap dan selanjutnya panen padi akan dilaksanakan pada April mendatang. Tahun ini kita targetkan produksi padi sekitar 162 ribu ton,” jelasnya.
Dalam panen raya perdana tersebut juga digelar temu lapang yang juga dihadiri Dandim 1001/Amuntai diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Inf Hasanuddin Daulay, Ketua Komisi II DPRD Balangan Fakhruddin, Kepala Badan Pelaksanaan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, Sofyan Noor.
Selain itu juga hadir Kepala BPS Balangan Muhammad Dawam, Camat Paringin Selatan Eshar Supriadi, serta penyuluh lapangan, kelompok tani dan masyarakat.
Tuhalus menambahkan Dinas PTPHPP Balangan melalui kerja sama dengan TNI AD, penyuluhan serta para kelompok tani dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui peningkatan produksi padi.
Sebelumnya target produksi beras Balangan sebesar 127 ribu ton dengan realisasi mencapai 159 ribu ton produksi beras.
“Jika melihat hasil yang dicapai pada tahun 2014, maka target yang ditetapkan tahun 2015 sebanyak 162 ribu ton optimis bisa kita capai,” ungkapnya.
Hasil panen padi perdana ini, ungkap Tuhalus, berdasarkan model plot “ubinan” adalah 4,10 ton atau setara dengan produktivitas 6,5 ton per hektare untuk jenis padi varietas mikongga.
“Kami yakin target yang dibebankan pada kita sebesar 162 ribu ton bisa tercapai. Apalagi kini dibantu oleh TNI AD, penyuluh, serta para kelompok tani,” tambahnya.Metro7/AntaraNews