PARINGIN, metro7.co.id – Musyawarah Cabang (Muscab) III Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Balangan, di Gedung Juang Abdullah S Lewan Paringin, Rabu (25/5).

Muscab III PPM Balangan ini dirangkai dengan kegiatan halal bihalal bersama keluarga besar veteran.

Ketua Pengurus Cabang (PC) PPM Kabupaten Balangan, Riduan Darlan menyampaikan, kegiatan halal bihalal semacam ini biasanya dilaksanakan 3 tahun sekali.

Bahkan, ujarnya, kadang-kadang 2 kali dalam 1 tahun dan dilaksanakan di tempat bersejarah Tundakan Kecamatan Awayan, namun karena ada pandemi Covid-19.

“Maka beberapa tahun halal bihalal tidak dilaksanakan dan alhamdulillah pada hari ini kita dapat melaksanakan sekaligus Muscab III PPM Balangan,” bebernya.

Organisasi PPM, tidak hanya bergerak atau mengikuti kegiatan-kegiatan seremonial saja namun juga berusaha membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

“Demikian halnya PPM Kabupaten Balangan telah memberikan sumbangsih kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan, baik materil atau infrastruktur, maupun pembangunan-pembangunan di bidang sumber daya manusia,” katanya.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda menyampaikan, apapun yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan generasi saat ini tidak terlepas dari jasa hasil pengorbanan dan perjuangan pada masa lalu para veteran.

“Semoga, generasi muda dapat mewarisi semangat juang, patriotisme dan nasionalisme para pejuang terdahulu dan meneruskan perjuangan kepentingan bangsa, sehingga terwujud impian dan cita-cita para pejuang dan bangsa ini yaitu menjadikan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” bebernya.

Setiap ormas atau organisasi apapun yang hadir ditengah-tengah masyarakat dan menyatakan aksen ditengah-tengah masyarakat tentu memiliki konsekwensi berupa tanggung jawab yang harus dipenuhi, demikian pula dengan pemuda panca marga.

Dari hasil Muscab III PPM Balangan ini terpilih secara aklamasi Syaiful Arief sebagai ketua PC PPM Balangan untuk masa bhakti periode 2022-2026 menggantikan ketua terdahulu Riduan Darlan. Syaiful Arief didukung pengurus dan anggota ranting PPM dari 8 Kecamatan.