PARINGIN – Ramainya pelaksanaan Trail Adventure Minggu (20/8/2017) yang bertemakan Rabah Waluh yang dilaksanakan di Kecamatan Juai, tidak bisa terelakkan. Ratusan peserta yang datang dari berbagai penjuru daerah menjadi bukti suksesnya acara ini.
Tak mau ketinggalan, Bupati Balangan H. Ansharuddin didampingi Dandim 1001 Amuntai – Balangan Letkol Kav Ariya Sanggita Saleh, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Balangan M. Nor Iswan serta Kabag Tapem Pemkab Balangan Hifziani juga ikut menjajal track yang disiapkan oleh panitia pelaksana yaitu Sanggam Balangan Adventure Trail (SBAT).
Ratusan riders yang mengikuti event ini datang dari berbagai daerah seperti Kalimantan timur, Kalimantan Tengah, serta yang pastinya dari Kalimantan selatan sendiri.
“Sekitar 500 peserta yang terdaftar mengikuti acara ini,” jelas Nanang Edwar selaku Panitia Pelaksana
Nanang mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017 serta mempublikasikan bahwa di Kabupaten Balangan juga terdapat medan medan untuk mengasah kemampuan para riders.
“Para peserta akan menempuh jarak sekitar 42 km, ya sekitar 1 sampai 3 jam perjalanan yang akan dilalui peserta hingga sampai ke garis finish,” sebutnya.
Sementara itu Bupati Balangan H. Ansharuddin sebelum melepas peserta SBAT mengingatkan kepada peserta agar selalu menjadikan keselamatan yang utama dan jadilah pelopor keselamatan. Beliau juga berharap kegiatan ini bisa diagendakan setiap tahun. Ansharuddin juga antusias untuk mengikuti SBAT ini sampai finish.
“Kita sangat apresiatif atas kegiatan yang dilaksanakan oleh para panitia, ini juga salah satu moment untuk memperkenalkan daerah kita kepada orang-orang khususnya para riders trail,” ungkap Anshar.
Diakui Anshar, dirinya juga senang bisa mengikuti event ini, selain bisa berolahraga memacu adrenalin, dirinya juga bisa bersilaturahmi dengan para pengendara motor trail dari berbagai daerah.
“Wah, saya tadi sempat satu kali jatuh di jalur. Tapi tidak papa, sayang senang karena bisa main motor trail sama rekan-rekan yang lain, padahal saya sudah 30 tahunan tidak pernah naik motor lagi,” ujar Anshar setibanya digaris finish.
20 peserta pertama yang sampai kegaris finish diberikan hadiah Waluh (labu) yang merupakan icon kecamatan Juai. Keseluruhan peserta yang mampu melewati track yang diwajibkan dilalui, mendapat kupon undian untuk mendapatkan hadiah undian utama yaitu satu unit motor metic. (metro7/sugi)