TANAH BUMBU, metro7.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif menjelang pemilihan kepala daerah 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Geand Central, Batulicin serta dihadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

”Tujuan sosialisasi pengawasan partisipatif, adalah untuk memantik partisipasi masyarakat agar ikut terlibat dalam pengawasan pilkada Kabupaten Tanah Bumbu 2020,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu, H. Kamiluddin Malewa, Senin (23/11/2020) kemaren

Melalui kegiatan itu, dia berharap peran serta masyarakat untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Bawaslu Tanah Bumbu dalam melakukan pengawasan secara aktif dalam rangka mengawal jalannya demokrasi di Tanah Bumbu.

“Kita ingin Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu berjalan secara aman, berkualitas dan berintegritas, agar terwujudnya asas pemilihan yang luber, jurdil, dan demokratis,” harapnya.

Sementata itu, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Tanah Bumbu, Muhammad Sakra Efendi, menyampaikan saat memberikan materi pada kegiatan itu, bahwa partisipasi rakyat sebagai salah salah satu aktor utama pemilu memiliki peran penting untuk ikut memastikan kualitas penyelenggaraan pemilu.

“Mengajak masyarakat untuk mengawal dan mengawasi proses pemilu, karena hal ini mustahil kami lakukan pengawasan secara merata tanpa partisipasi masyarakat,” tuturnya.

Sakra membeberkan bahwa dalam lembaganya hanya memiliki satu orang pengawas di tingkat desa dan tiga orang komisioner di tingkat kecamatan serta tiga orang komisioner ditingkat kabupaten

Dia menambahkan untuk setiap TPS memiliki satu pengawas, akan tetapi masa kerja pengawas TPS hanya satu bulan, yaitu dimulai dari 15 hari sebelum pemungutan suara dan 15 hari setelah pemungutan suara. *