Barabai — Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bersama Kodim 1002 Barabai menggelar bhakti sosial KB-KES di Puskesmas Kecamatan Labuan Amas Selatan, Rabu (11/9) tadi.
Kegiatan ini merupakan perwujudan dari Peraturan Bersama Kepala BKKBN dengan Panglima TNI Nomor 72/PER/G2/2013 dan hasil rapat koordinasi dengan TNI Kodim 1002/Barabai yang juga merupakan program kerja Badan KB, PP dan PA Kabupaten HST.
Kepala BKKBN Provinsi Kalsel, Sunarto, mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sangat mendukung program KB yang dicanangkan oleh pemerintah sejak 43 tahun silam.
“Tingkat pendidikan di Indonesia masih kalah dengan negara lain, begitu pula dengan tingkat pendapatan masyarakat perkapita. Dan program KB ada untuk meningkatkan dua hal tersebut selain menekan angka pertumbuhan penduduk,” katanya.
Sementara itu Kepala Badan KB, PP dan PA HST, Nurul Fauzi mengungkapkan pihaknya menargetkan 2147 akseptor pada bhakti sosial ini. Selain di Kecamatan LAS, kegiatan ini juga dilakukan di kecamatan lain se-Kabupaten HST.
“Jumlah ini dibagi dengan jenis KB yang digunakan, yaitu IUD untuk 21 akseptor, MOP untuk 20 Akseptor, Implant sebanyak 195 akseptor, kondom sebanyak 52 akseptor, suntikan sebanyak 88 akseptor dan pil KB untuk 1771 akseptor,” terangnya.
Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan HST, M Yusuf, menuturkan kegiatan ini merupakan langkah yang tepat. karena TNI memiliki ruang lingkup yang lebih luas untuk terjun langsung di masyarakat. “Semoga dengan adanya kegiatan bhakti social ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan peran pria untuk ber-KB, sehingga peningkatakn kesejahteraan keluarga di HST dapat diwujudkkan,” ujarnya. AdvHumHST