TANJUNG – Program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas (PKTKP) tahun 2014 ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tabalong melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjung membuka  kembali kesempatan bagi masyarakat yang belum bekerja untuk mengikuti kursus keterampilan ada beberapa kejuruan peluang kursus tahun ini yang dibuka dan bahkan  sebanyak 17 kelas.
 Hal tersebut dijelaskan Kepala BLK Tanjung Lilik Prasetyo melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Suhartojo. Ia menambahkan PKTKP-APBN dana dekonsentrasi tahun anggaran 2014 penerimaan kursus siwa dibagi dua angkatan, angkatan pertama dengan 7 kejuruan yaitu : Kejuruan kendaraan ringan II (mobil bensin), kejuruan sepeda motor, kejuruan instalasi penerangan (listrik), kejuruan pendingin/AC, kejuruan furniture/meubeler dan kejuruan pengolahan hasil pertanian (processing) yang pendaftaran calon siswa telah dibuka mulai 1 sampai 25 Juli lalu, pelaksanaan tes tanggal 5 Agustus 2014.
 Angkatan kedua dengan 10 kejuruan, yaitu : kejuruan kendaraan ringan I (mobil diesel), kejuruan kendaraan ringan II (mobil bensin), kejuruan sepeda motor, kejuruan instalasi penerangan (listrik), kejuruan las industry (las listrik), kejuruan Autocard (Desain grafis), kejuruan operator komputer, kejuruan komputer akuntansi dan kejuruan sekretaris yang pendaftarannya telah dibuka mulai tanggal 15 sampai 20 September 2014.
Penyelenggaraan kursus bagi siswa sama dengan tahun-tahun sebelumnya tiap satu kelas ada 16 siswa. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon siswa yaitu fotokopi ijazah terakhir minimal SLTA/sederajat, fotokopy KTP, pas foto dan persyaratan lainnya yang telah ditetapkan oleh Ketua Panitia Rekrutmen BLK.
Dengan terus dibukanya kesempatan kursus/pelatihan bagi masyarakat diharapkan dapat terwujudnya perluasan lapangan kerja termasuk perlindungan tenaga kerja di daerah dan mengurangi angka pengangguran, serta mendorong tercapainya visi misi program prioritas pemerintah daerah membuka 5000 lapangan kerja baru bagi putra putri Tabalong. (Metro7/Via)