PARINGIN — Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Balangan ,tahun 2012 ini memprogramkan sertifikat missal untuk 1.000 bidang tanah, melalui program sertifikat missal prona, perkebunan dan UKM.
“Jumlah itu,mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2011 yang lalu,yaitu 600 bidang “ujarnya kepala BPN Balangan Sulamto, belum lama tadi.
Dijelaskannya,jumlah bidang yang berkesempatan mendapatkan sertifikat berdasarkan mendapatkan sertifikat berdasarkan seleksi yang dinilai oleh pihak BPN, melalui pengajuan permohonan dari masyarakat.
Jumlah bidang yang akan mendapat sertifikat setiap tahunnya berfluktuasi, pada 2008 sebanyak 1000 bidang ,2009 hingga 2011 sebanyak 600 bidang, dan itu tergantung dari permohonan masyarakat.”Target dari kanwil BPN kalsel tahun ini adalah 13 ribu bidang,” ujarnya.
Terkait sertifikasi itu,sulamto berharap ,agar masyarakat yang telah menerima sertifikat gratis dari Negara, dapat lebih berhati-hati dalam menggunakannya,terlebih dalam melakukan kerjasama dengan pihak ketiga .
Hal ini karena ,tidak menutup kemungkinan jika sengketa lahan terjadi pada bidang tanah yang telah bersetifikat sekalipun .
Namun katanya, pihaknya ingin tanah warga aman tidak melahirkan sengketa di kemudian hari, sehubungan itu, masyarakat harus berhati-hati mempergunakan sertifikat yang telah diberikan Negara .
Dikatakannya,sengketa lahan terjadi dimasyarakat saat ini ,justru pada lahan memiliki sertifikat ,karena ketidak jelasan pemilik dimasa lalu.
“Selain itu, bisa juga lahan telah dimiliki masyarakat ,namun mengikuti program kerjasama yang tidak jelas bersama dengan pihak lainnya,” papar Sulamto
Untuk wilayahnya,sertifikasi missal itu sendiri tersebar di delapan kecamatan di balangan,bedadengan 2011 lalu,yang terfokus di kecamatan Halong dan juai saja.
Di balangan masih begitu banyak tanah yang belum bersetifikat .karenanya,melalui program ini,kita harapkan dapat membertikan manfaat besar bagi masyarakat,tutup sulamto. Metro7/Sri