PARINGIN – Untuk mengembangkan suatu program Dinas Kehutanan Kabupaten Balangan mengupayakan bibit unggul yaitu di sektor bibit unggulan selain karet, yakni gaharu. Dimana gaharu merupakan  prifat yang dihasilkan oleh pohon, sedangkan pohon gaharu merupakan pohon penghasil ekonomis yang tinggi.
Adapun upaya yang dicanangkan yaitu dengan cara penyuluhan, pemberian bantuan bibit unggul secara gratis .
“Pembibitan tersebut rencana akan diadakan dilokasi Kecamatan Halong dan akan dibudayakan penanaman bibit gaharu karena garahu memiliki nilai ekonomis yang tinggi bagi masyarakat dibandingkan dengan karet,ujar kabit rehabilitasi, dan tata guna hutan dan lahan,” kata Ahmad Riansyah saat dikonfermasi diruang kerjanya.
Menurutnya saat ini Balangan sudah memiliki pohon induk untuk gaharu dan tanaman
klampayan jabon yang terletak diderah Batu Mandi dan merupakan tanaman yang indomek serta memiliki hasil yang cepat perkembangannya dibandingkan tanaman bibit unggul lainnya seperti tanaman bibit ulin.
Selain itu tahap kedua yang perlu diupayakan yakni rehabdas karna setiap kawasan hutan yang akan dioprasikan harus  memiliki hak pinjam pakai lahan, kini pihak  Adaro sudah memakai 4000 hektar memanjang dari kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.
Tidak lama lagi rencananya akan diadakan Penanaman pohon satu milyar, dimana lokasi pelaksanaannya direncanakan didesa Diajung sekitar taggal 2 desember 2014 nanti.
Sehingga bisa berfungsi sebagai penyeimbang mikro dan peneduh bagi tanaman yang akan dibibitkan khususnya untuk  lokasi masyarakat yang akan diadakan tanaman pohon peneduh.
“Adapun bibit tanaman yang akan dikembangkan diantaranya Pucuk merah, mangga, jeruk serta rambutan yang akan dikembangkan pada penanaman pohon satu milyaar itu nantinya,” pungkas Akhmad Riansyah. (Metro7/Sri)