TANJUNG – Baru-baru ini telah dilakukan program kerjasama (CSR) di desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung yang dilakukan oleh perusahaan perkebunan sawit Pt Bhadra Cemerlang (BCL) salah satu anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk yang merupakan perusahaan perkebunan besar di Indonesia berada di kecamatan Petangkep Tutui Kalimantan Tengah berbatasan dengan desa Kambitin Raya kecamatan Tanjung Kalimantan Selatan telah melakukan berbagai program CSR diantaranya perbaikan jalan desa, jalan menuju pemakaman Umum dan perbaikan lapangan sepakbola desa Kambitin Raya.
Itu semua sebagai bentuk kemitraan perusahaan atas desa-desa yang ada di sekitar perusahaan perkebunan yang menandakan bahwa perusahaan dan desa sekitar telah terjalin hubungan yang mesra karena baik masyarakat desa maupun pihak perusahaan selama ini tidak pernah terjadi sengketa atau perselisihan seperti halnya perusahaan-perusahaan lain yang ada di kabupaten Tabalong maupun di Indonesia karena dengan kemitraan maka semua bisa saling membantu dan membutuhkan.
“Kita sangat mendukung adanya perusahaan di sekitar desa Kambitin Raya karena perusahaan ini merupakan aset kita bersama jadi mari kita saling memiliki dengan menjalin hubungan yang harmonis,” kata Kepala Desa Kambitin Raya Sunardi.
Seperti PT.BCL merupakan perusahaan perkebunan yang telah lama tumbuh hidup berdampingan dengan desa Kambitin Raya berbagai kerjasama telah terjalin dari mulai pendidikan, ketenagakerjaan, perbaikan jalan dan lainnya. Selain itu PT.BCL juga telah memberikan berbagai macam bantuan yang telah diberikan kepada desa Kambitin Raya telah dirasakan oleh masyarakat, kami harap kemitraan melalui CSR seperti ini dapat terus terjalin” katanya lagi.
“Dengan adanya 3 titik perbaikan fasilitas umum desa Kambitin Raya oleh PT.BCL yakni jalan desa yang ada di RW 1 dan 2, jalan menuju pemakaman umum dan lapangan sepakbola Kambitin Raya, telah membuktikan bahwa kepedulian perusahaan perkebunan terhadap masyarakat, kami jadikan prioritas,” ujar Asisten CDO PT.BCL Mathius Raditya C.
“Oleh sebab itu kami akan selalu melakukan program CSR kemitraan ini tak hanya pada desa Kambitin Raya tapi desa lain seperti halnya telah kami lakukan di desa lain seperti desa Bantot yang ada di kecamatan Petangkep Tutui Kalteng, desa Burum dan sekitarnya yang ada di lingkungan kecamatan Bintang Ara serta pada desa lainnya yang ada di sekitar perusahaan yang selama ini telah banyak mendukung perusahaan kami,” katanya lagi.
Dalam waktu dekat PT.BCL akan mencoba mengembangkan Program Air Bersih bagi desa-desa yang tidak memiliki sarana air bersih, mengingat air bersih merupakan kebutuhan semua yang mau tidak mau harus dipenuhi. (metro7/via)