BARABAI, metro7.co.id – Pertarungan memperebutkan kursi HST 1 dan 2, selain empat pasangan bakal calon lainnya, Berry-Pahrijani (Berani) resmi mendaftar sebagai calon terakhir, pukul 21.00 Wita, Minggu (6/9).

Menariknya, mereka dibalut pakaian adat Banjar, dan didampingi 3 perwakilan parpol pengusung. Yakni, dari PDI Perjuangan, PKPI dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ada 4 paslon yang telah terdaftar. Dari jalur independen pasangan Aulia Oktaviandi-Mansyah Sabri (Aman) yang pertama kali mendaftar.

Kemudian ada pasangan Akhmad Tamzil-M Ilham Effendhy dan Fakih Jarjani-Abu Yazid Bustami yang mendaftar, Sabtu (5/9).

Sementara dari jalur parpol ada pasangan Saban Effendi-Abdillah atau Habib Didil (Sabil), Minggu (6/9) pagi, pukul 10.00 Wita.

Berry mengucapkan syukur malam ini akhirnya bisa mendaftar dan diterima. Jika nantinya ada yang perlu diperbaiki segera diselesaikan.

“Alhamdulillah semuanya lengkap, kita menunggu verifikasi dan proses selanjutnya, mudah-mudahan kita bisa melanjutkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati HST,” kata Ketua DPC PDIP HST.

Lanjut Berry, untuk kedepannya pihaknya akan konsolidasi merapikan tim pemenangan, tapi sebelumnya pihaknya akan memenuhi seluruh persyaratan.

“Persyaratan-persyaratan seperti tes kesehatan dan sebagainya,” pungkas Aktivis Lingkungan serta Sekretaris PWNU Kalsel ini.

Sebelumnya, sempat terjadi adu argumen antara Tim Berry – Pahrijani dengan anggota KPU dan Bawaslu mengenai surat rekomendasi dari PPP kepada siapa dukungan dan bukti keabsahannya.

Setelah berapa lama, akhirnya KPU memutuskan menerima pasangan tersebut untuk maju pilkada 2020.

Ketua KPU HST, Johransyah menyampaikan, dinamika dalam hal ini, hanya terkait asas ketelitian kehati-hatian yang harus dilakukan.

“Apalagi kita mengacu kepada segala tahapan berdasarkan aturan-aturan yang diamanahkan,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah pihaknya lakukan konfirmasi dan kesimpulan, sudah ada SK yang diperjelas, karena adanya hanya miskomunikasi SK yang disampaikan.

“Alhamdulillah sudah clear dan mudahan di kemudian hari hal tersebut tak menjadi permasalahan,” harapnya. *