TANJUNG — Setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan, pelaksanaan pameran Koperasi dan UKM serta pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Tabalong mendapat sambutan antusias dari masyarakat.
Kegiatan itu masih termasuk rangkaian Hari Koperasi Nasional ke-65 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Tanjung (17/7/2012) lalu.
Pasar murah itu digelar di beberapa kecamatan, salah satunya Senin (23/7/2012) pekan lalu di Kecamatan Tanta yang dipusatkan di depan Kantor Pengurus Tim Penggerak PKK.
Dalam kesempatan itu, masyarakat kurang mampu yang mendapatkan kupon seharga Rp40 ribu, berbondong-bondong datang untuk menukarkannya dengan  paket Sembako berisi 2 kg gula pasir, 1 kg tepung terigu, 1 liter minyak goreng kemasan dan 1 bungkus teh.
Kedatangan mobil truk yang membawa Sembako pagi Senin itu langsung diserbu warga yang sudah lama menunggu. Menurut Umar, salah seorang warga Kecamatan Tanta yang mengaku sudah menunggu berjamjam, ia merasa sangat senang sekali mendapat jatah berbelanja, sebab harganya jauh lebih murah dibanding beli di warung atau pun pasar.
Camat Tanta Alfian SSTp mengatakan menyambut baik digelarnya pasar murah setiap bulan Ramadhan itu. Untuk tahun 2012 ini, jatah kupon yang diberikan buat masyarakat kurang mampu di Kecamatan Tanta berjumlah 800 kupon.
“Saya berharap untuk tahun-tahun yang akan datang, kalau bisa ditingkatkan lagi jumlahnya, minimal dua kali lipat dari yang ada. Karena pasar murah tahunan seperti ini tentu akan membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu,” ujarnya.
Apalagi menghadapi hari raya Idul Fitri di mana banyak keperluan yang harus mereka beli.
“Adaro Group juga nanti akan menggelar pasar murah bagi masyarakat kurang mampu di kecamatan-kecamatan, namun kepastian tanggal pelaksanaannya belum kami terima,” terang Alfian. Metro7/Via