Barabai — Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tri Warga Desa Hilir Banua, Kecamatan Pandawan, berhasil meraih segudang prestasi. Yang paling fenomenal adalah penghargaan Adikarya Pangan Nusantara, kategori pelaku pembangunan ketahanan pangan, yang diserahkan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, beberapa waktu lalu.
Sebelumnya, Tri Warga Desa Hilir Banua juga telah meraih juara pertama lomba Gapoktan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2011, serta juara pertama Lomba Asah Terampil pada pekan pertanian rawa nasional yang dilaksanakan di Banjarbaru.
Gapoktan Tri Warga yang dipimpin oleh M Fakhriadi ini memiliki 102 orang anggota dan terbagi dalam enam Kelompok Tani (Poktan), yaitu Poktan Baharakat, Poktan Hatau, Poktan Membangun, Poktan Karya Remaja, dan Poktan Ingin Maju serta  Kelompok Wanita Tani (KWT) Mufakat.
Menurut Fakhriadi,  Gapoktan ini berdiri pada 31 Oktober 2007 dan dikukuhkan dengan SK Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) tanggal 7 Juli 2008.
“Adapun kegiatan yang dilaksanakan Gapoktan Tri Warga di antaranya menjalankan usaha simpan pinjam dari lembaga keuangan agribisnis yang bersumber dari PUAP tahun 2008, kegiatan pembelian gabah dan penjualan beras yang bersumber dari Bansos Kementrian pertanian tahun 2012/2013 senilai Rp 295 juta ditambah dengan satu unit gudang gabah senilai Rp 30 juta,” terangnya.
Fakhriadi menuturkan, di tahun 2012 mendapat bantuan satu unit penggilingan padi senilai Rp 50 juta. “Jadi, total asset Gapoktan Tri Warga berjumlah Rp 440 juta,” ungkapnya.
Nama Gapoktan Tri warga, karena saat terbentuk terdiri dari tiga desa yaitu Desa Hilir Banua, Desa Batakan dan Desa ujung Tanah. “Namun setelah tahun 2000, tiga desa tersebut disatukan menjadi Desa Hilir Banua, sehingga disebut Gapoktan Tri Warga yaitu kelompok tani yang dibentuk oleh warga dari tiga desa,” jelasnya.
Fakhriadi berharap prestasi ini bisa menjadi motivator bagi para Gapoktan lainnya yang menerima dana PUAP tahun ini. “Kami berharap, Gapoktan kami menjadi contoh  agar menggunakan dan mengembangkan  dana tersebut semaksimal mungkin untuk pembangunan desa demi kesejahteraan penduduk desanya masing-masing,” pungkasnya. AdvHumHST