Ketua Kwartir Daerah Kalsel H. Rosehan ketika melantik Bupati Hulu Sungai Tengah Dr Ir H Harun Nurasid MM MT dan mengukuhkan Ketua dan pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Kab HST Periode 2012-2017 di Pendopo Penkab HST, belum klama ini. (foto;ist)
Barabai — Bupati Hulu Sungai Tengah Dr Ir H Harun Nurasid MM MT resmi dilantik sebagai Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kab HST periode 2012-2017 oleh Ketua Kwartir Daerah Kalsel H. Rosehan, pada Selasa malam (25/12), bertempat di Pendopo Pemkab HST. Pukul 20.00 Wita. 
Acara ini sekaligus pelantikan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HST Masa bakti 2012-2017 dimana Sekda HST H IBG Dharmaputra sebagai Ketua Kwarcab  dan  H Syahruli sebagai Sekretaris  Kwarcab Gerakan Pramuka HST oleh Mabincab Gerakan Pramuka HST H Harun Nurasid.
Pelantikan dan Pengukuhah juga dilakukan atas Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka HST yang diketuai Kamto dan Sekretaris Rudy Firmansyah, prosesi dimulai dengan pembacaan SK, Pengucapan Janji Tri Satya dan Penandatangan Ikrar.
Dalam Sambutannya Mabincab Gerakan Pramuka HST, H Harun Nurasid mengatakan dengan pelantikan dan pengukuhan  ini menandakan dimulainya amanah yang akan dilaksanakan semestinya penuh dedikasi, loyalitas dan kejujuran demi untuk peningkatan kualitas generasi muda melalui Gerakan Pramuka.
Diungkapkannya saat ini  tantangan gerakan Pramuka makin kompleks dan berat serta sangat diharapkan memberikan kontribusi dalam pembangunan berbangsa dan bernegara untuk menjadi pelopor perubahan, mampu menyelesaikan persoalan sosial, pribadi-pribadi yang unggul dan cinta damai.
“Tantangan terberat yang dihadapi generasi muda kita sekarang yang perlu dicarikan solusi bersama antara lain  menurunnya nilai etika dan moral, gaya hidup yang konsumtif dan tak kreatif, pengangguran, pergaulan bebas hingga mengakibatkan penyakit menular dan aborsi, penyalah gunaan Narkoba,”ujarnya.
Sementara itu Ketua Kwarda Kalimantan Selatan HM Rosehan NB menyatakan telah banyak kemajuan Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan Umumnya dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta menyakini bahwa mereka yang terpilih baik di unsure Mabincab dan Kwarcab memiliki kompetensi dan semangat untuk membesarkan Gerakan Pramuka.
Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas jasa dan kerja keras pengurus lama dalam memajukan Gerakan Pramuka di Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta mengingatkan pengurus baru agar memperbaiki kealpaan atau kekurangan yang perlu dibenahi sekarang agar Gerakan Pramuka lebih baik dan makin matang di masa mendatang dalam pembinaan generasi penerus bangsa. (advhumashst/fathurrahman)