PARINGIN – Bupati Balangan berikan penghargaan kepada Guru dan PNS diwilayah pemerintahan Kabupaten Balangan yang berprestasi pada acara HUT Korpri ke 45 tahun 2016 dan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke 71, di Halaman Kantor Bupati Setda Balangan, Senin (28/11) kemarin.
Dua acara besar yang setiap tahunnya ini selalu dilaksanakan diseluruh Indonesia, dikemas dalam Upacara pagi yang dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Lerkol Kav. Aria Sanggita Saleh, Wakapolres Balangan Kompol Reinaldo, Sekdakab Balangan Ir Ruskariadi, kepala SKPD, tokoh pendidikan, serta diikuti oleh Guru-guru dan seluruh Aparatur Sipil Negara  dilingkungan pemerintah setempat.
 Dalam Sambutannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengapresiasi peran serta Korpri dan PGRI dimana  kehadiran Korpri sebagai induk bagi Pegawai Negeri Indonesia, (PNS), sedangkan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang menjadi wadah bagi para pendidik.
 Kedua lembaga ini, lanjutnya, bersama-sama dengan perangkat pemerintah yang lain bersama-sama bahu membahu untuk mewujudkan kesejahteraan.
 “Kita semua menyadari dan memahami arti penting dan strategisnya peran pegawai republik indonesia, dan betapa muliannya peran para pendidik dalam mewujudkan kondisi bangsa, negara yang semakin baik,” katanya
 Diungkapkannya, sejak didirikan pada 29 Nopember 1971 silam, Korpri telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara.
 Sebagai organisasi yang mewadahi para PNS, lanjutnya, Korpri telah melaksanakan tugas-tugas pemerintah dalam melayani keperluan masyarakat di berbagai bidang.
 “Korpri terus menerus mengkokohkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu negara indonesia ini dengan meneguhkan semangat netralitas guna mendukung keberhasilan pelaksanaan repormasi birokrasi serta menciptakan kondisi yang kondusif,”ungkapnya.
 Dalam peringatan HUT Korpri dan PGRI tersebut juga dilakukan penyerahan beberapa penghargaan diantaranya penghargaan kepada Guru beprestasi, Murid berprestasi dan Tokoh pendidikan. Penyerahkan piala kejuaraan oleh Bupati kepada PNS yang mengikuti kejuaraan lomba dalam rangka HUT Korpri yang dikuti perwakilan Instansi dan SKPD lingkup Pemkab Balangan.
 Dipenghujung acara, ditutup dengan penampilan kesenian tradisional khas Kalsel yaitu pertunjungan Mamanda (drma tradisi) oleh Sanggar kesenian Kariwaya Balangan, yang menceritakan berbagai masalah yang dihadapi pemerintahan saat ini. Aksi kocak pemain Mamanda (Drama tradisi) mampu mengundang gelak tawa para undangan dan peserta apel. (metro7/wnd)