Barabai — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memberikan perhatian serius atas musibah banjir bandang yang melanda wilayah Kecamatan Hantakan. Bupati HST Ir H Harun Nurasid MM MT bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj Tintainah Harun Nurasid menyerahkan bantuan untuk meringankan beban 60 kepala keluarga yang menjadi korban musibah ini, Kamis (13/6) tadi.
Harun mengungkapkan bahwa bencana ini menjadi perhatian yang utama bagi Pemerinah Kabupaten HST saat ini. Mengingat banyaknya kerugian materiil dan non materiil yang diderita oleh masyarakat Desa Alat Seberang. Karena itu ia menginstruksikan tanggap bencana untuk menyalurkan bantuan makanan dan tenda.
“Bantuan ini sekiranya dapat meringankan beban para korban banjir. Kejadian ini tentunya harus ada koordinasi yang solid dari pihak – pihak terkait, agar bantuan dalam jumlah yang lebih besar dapat segera disalurkan secepat mungkin, Kami mengharapkan agar masyarakat dapat bersabar dalam menghadapi kejadian ini,” kata Harun.
Kepala Kantor Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana, Fathoni mengungkapkan bahwa kebutuhan yang sangat mendesak bagi korban banjir saat ini adalah tenda untuk tempat bernaung, alat untuk kebersihan, makanan, kelambu serta pakaian. “Saat ini kami sudah menyalurkan sekitar 300 dus mie instan, dan 15 family kit untuk 60 kepala keluarga. Dan masih ada 17 kepala keluarga yang belum terdata nama dan jumlah jiwanya,” ungkapnya.
Menurutnya kerusakan yang terjadi yang sudah terdata saat ini 29 rumah rusak ringan, 9 rumah rusak berat, dan 22 rumah hanyut terbawa arus bandang dengan korban banjir sekitar 150 jiwa.
“Akses transportasi melalu jalan darat sebagian tertutup lumpur, dua jembatan mengalami kerusakan, dan listrik padam. Untuk Situasi keamanan cukup stabil, saat ini PMI sudah melakukan pendataan, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel dan TAGANA sudah mendirikan dua posko dan dapur umum di lokasi bencana,” ujarnya lagi.
Sementara itu untuk wilayah kota Barabai, air sudah masuk dengan ketinggian 20 cm di jalan Tri Kesuma, Munti Raya, kawasan Pasar serta Kemasan Dalam dan Kemasan Luar. AdvHumHST