BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah Dr H Harun Nurasid didampingi Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid, melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Madrasah Tsanawiyah Panggung Kecamatan Haruyan Kabupaten HST. Selasa (17/2)
Peletakkan batu pertama tersebut diikuti oleh Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Krido Pramono, Kepala Kemenag HST H M Yamani dan disaksikan oleh jajaran SKPD, Camat Haruyan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar.
Sekolah agama yang berada dibawah naungan kementrian agama ini, berlokasi tidak jauh dari SDN 1 Panggung dan dibangun di lahan seluas 2.030 meter persegi.
“Lahan tersebut didapat dari hasil swadaya masyarakat, dan biaya pembangunanya di dapat dari sumbangan sekolah-sekolah serta dari Kemenag HST,” kata ketua panitia pelaksana kegiatan, Muhammad David.
Lebih lanjut, ia memaparkan tujuan dari pembangunan MTs Panggung ini untuk menjembatani anak-anak yang ingin terus melanjutkan sekolah dari sekolah dasar, terutama anak-anak di desa setempat.
“Selain untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak, MTs Panggung juga diharapkan dapat membentengi anak-anak kita dari bahaya narkoba yang kian merajalela saat ini,” paparnya.
Kepala Kemenag HST, H M Yamani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa
Kemenag HST telah membentuk Gerakan Cinta Madrasah (GMC), yang anggotanya adalah seluruh karyawan dilingkup Kemenag HST, dimana setiap bulannya harus membayar iuran GMC.
“Dan Alhamdulillah,  keinginan masyarakat desa Panggung untuk mendirikan MTs kami tanggapi dengan positif,” ucap Yamani.
Pada kesempatan itu, Bupati Harun Nurasid juga menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas pembangunan MTs Panggung. “Kami dari Pemerintah daerah mendukung atas pembangunan sekolah agama ini, dan selama niat warga yang baik, insha Allah pembangunannya akan berjalan dengan lancar,” kata Harun.
Selain itu, orang nomor satu di Bumi Murakata ini juga mengharapkan agar para generasi muda kita bisa menjadi generasi muda yang baik dan berkualitas.
“Kami sangat mendukung misi dari dibangunnya MTs Panggung ini yaitu peduli dengan masalah maraknya narkoba dan pornografi, mudah-mudahan dengan bersekolahnya anak-anak kita di madrasah ini bisa membentengi dari hal-hal negatif,” harapnya. (adv/hum)