Tanjung – Yayasan Hasbunallah yang  selama beberapa tahun terakhir telah mengelola lembaga pendidikan di kawasan Mabu’un Kecamatan Murung Pudak, serta telah menunjukkan prestasi dari peserta didiknya yang lumayan membangggakan, Senin  (05/11) tadi mengadakan kegiatan pelatihan ”Be Inspiring Teacher” bagi guru-guru Hasbunallah di Aula BKD Tanjung Selatan.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Drs. H. Erwan SH, MAP sekaligus mewakili Bupati Tabalong menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan menjadi salah satu bukti bahwa pemerintah sangat serius dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Saraba Kawa.
“Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan, bertekad menjadikan Kota Tanjung Kabupaten Tabalong sebagai Kota Pendidikan,” ujar Erwan
Dikatakannya, mendidik adalah sebuah proses ‘transfer’ ilmu yang bukan saja memerlukan ketekunan dan kesabaran, tapi juga butuh sentuhan seni, yaitu inspirasi. Dengan inspirasi, seorang pendidik akan menemukan sesuatu yang bukan saja efektif, tetapi dinamis dan harmonis dalam mengajar, ujarnya.
Melalui kegiatan seminar yang dilaksanakan itu lanjut Erwan, para peserta akan mendapat beberapa hal berharga dan penting ketika mengajar. Untuk menunjang itu perlunya melakukan self continous improvement atau ‘perbaikan diri yang berkelanjutan’ kemudian juga mind set inspiring teacher atau ‘guru yang menginspirasi cara berpikir’.
Selain itu, inner competencies inspiring teacher  atau ‘guru yang menginspirasi kompetensi dalam’. Selanjutnya guru juga harus memiliki “outer competencies inspiring teacher” atau guru yang menginspirasi kompetensi luar. Ditambah daya ungkit meraih sukses pengajaran.
”Oleh karena itu, melalui kesempatan yang berharga ini, saya berharap kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini, kiranya dapat mengikutinya dengan baik agar dapat memahami konsep atau metode transper ilmu pengetahuan yang baik dan benar kepada para anak didik. Sehingga apa yang menjadi tujuan penyelenggaraan pendidikan berupa peningkatan kualitas sumber daya manusia di kabupaten yang sama-sama kita cintai ini dapat tercapai secara optimal, ” ujar pria berkumis ini.
Dikatakannya, tantangan yang menghadang langkah kedepan akan semakin berat dan kompleks disegala bidang. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Oleh karenanya diperlukan guru-guru yang memiliki komitmen dan semangat pengabdian yang tinggi, ucapnya. (Metro7/via)