BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah, H. Harun Nurasid memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober. Upacara digelar di Lapangan Dwi Warna, Barabai. Rabu (1/10)
Dalam upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tersebut turut berhadir Ketua TP PKK HST Hj. Tintainah Harun Nurasid, Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Dandim 1002/ Barabai Letkol Inf. Krido Pramono, Danyon 621/ Mtg Letkol Inf. Hendri . Upacara tersebut dimulai pada pukul 08.00 WITA .
Teks Pancasila dibacakan langsung oleh Bupati H. Harun Nurasid, sementara Wakil Ketua DPRD HST Tajuddin membacakan ikrar mempertahankan Pancasila.
Dalam pembacaan ikrar tersebut H. GT Rosyadi Elmi mengucapkan bahwa para peserta yang mengikuti upacara ini menyadari sepenuhnya agar terus *membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.*
*Upacara tersebut ditutup dengan pembacaaan doa oleh Kepala Kantor Kemenag HST H. M. Yamani. *
*Bupati HST usai upacara mengungkapkan peringatan *Kesaktian* Pancasila ini tidak hanya sebagai ceremonial saja.*
“Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya agar benar-benar dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.
Sementara itu Mayang, pelajar SMAN 1 Barabai mengungkapkan saat ini sosok Pancasila sudah memudar pada generasi muda, Ia mengharapkan dengan mengenang peristiwa Kesaktian Pancasila lewat upacara ini dapat menggugah semangat nasionalisme generasi muda Indonesia, khususnya para generasi muda di HST.
“Nilai luhur pancasila patut kita pelihara, sikap tenggang rasa terhadap perbedaan dapat mengurangi perpecahan, dan itu sangat diperlukan generasi muda kita saat ini,” ujarnya. (AdvHumHST)