BARABAI, metro7.co.id – Tahun ini, adalah haul ke-16 Kh Muhammad Zaini Abdul Ghani yang lebih dikenal dengan Guru Ijai atau Abah Guru Sekumpul.

Meski Haul ke-16 Abah Guru Sekumpul tidak diselenggarakan di Musala Ar Raudhah Sekumpul Martapura seperti tahun-tahun sebelumnya.

Warga tetap antusias menyambut atau melaksanakan di musala tempat tinggal dan lingkungan masing-masing.

Seperti halnya, ibu-ibu di lingkungan Langgar Darunnadwah Desa Ilung Pasar Lama, Kecamatan Batang Alai Utara (BAU), Kabupaten HST, ramai gotong royong menyiapkan nasi bungkus, Rabu (17/2).

Nasi bungkus tersebut untuk Haul Abah Guru Sekumpul yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Ilung, sehabis salat isya.

“Ya benar, kami ibu-ibu bersama-sama buatkan nasi bungkus dan kue, ada 353 bungkus serta 209 kue,” kata salah satu warga lingkungan Langgar Darunnadwah, Azizah Nurmayani kepada Metro7.

Sedangkan, salah seorang panitia Haul tersebut, Muhammad Irsyadul Insan menyebutkan, banyak warga dari beberapa desa di Kecamatan BAU yang bantu nasi bungkus.

“Dari semua desa yang ada di Kecamatan BAU, terkumpul sekitar seribu nasi bungkus,” ungkapnya.

Ia juga membeberkan, haul kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, kegiatan pun hanya diisi dengan maulid Nabi Muhammad SAW dan Tahlil.

“Tidak ada pembacaan manaqib,” tutupnya.**