TAMIANG LAYANG – Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Ar – Rahman Tamiang Layang kecamatan Dusun Timur (Bartim), bersama pengurus masjid serta warga masyarakat turut berpartisipasi dengan menyediakan Rest Area bagi jemaah Haul Abah Guru Sekumpul dihalaman mesjid setempat.

Selain menyiapkan tempat beristirahat, pihaknya juga menyediakan berbagai aneka makanan dan minuman secara gratis. Tentunya hal itu bertujuan untuk mendukung para jamaah Haul dari wilayah lain yang melintas di kawasan tersebut.

Ketua pengurus Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang H. Sumarna mengatakan, pihaknya menyediakan aneka makanan seperti bakso, mie instan, roti, berbagai minuman kopi, teh, dan nasi untuk para jamaah Haul Abah Guru Sekumpul yang melintas di wilayah Masjid Agung Ar Rahman yang kebetulan memiliki parking area yang luas dan memadai.

“Kami membuka posko area untuk jamaah Haul Guru Sekumpul yang ingin beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh seperti dari kabupaten Barito Utara, kabupaten Murung Raya, kabupaten Barito Selatan, sambil menikmati hidangan yang sudah disediakan,” ucap Sumarna kemarin.

Menurut H Sumarna, pihaknya membuka posko mulai hari Selasa , dan sampai dengan para jamaah dari acara haul Guru Sekumpul kembali ke kediaman semula.

Sementara itu salah satu Penyuluh Agama kecamatan Dusun Timur Ustad Abdurrahim mengatakan bahwa pihaknya mempersilahkan jemaah yang melintas mampir ke posko.

“Kami buka posko ini sampai arus balik nanti,” katanya.

Menurut ustadz Abdurrahim, acara Haul Guru Sekumpul sangat mengesankan setiap tahunnya, sebagai sarana ukhuwah islamiah dan ukhuwah Wathaniyah, jamaah semakin bertambah banyak tiap tahunya, baik dari Kalimantan maupun dari luar pulau Kalimantan.

“Pada intinya kami mendirikan rest area yang ada di Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang ini untuk saling berbagi dan bersilaturahmi dengan para jamaah Haul Abah Guru Sekumpul. Semoga para jemaah selamat sampai tujuan dan kembali ketempat masing – masing, Amien,” tukasnya.

Haul Abah Guru Sekumpul ke 15 tahun 2020 /1441 Hiriah akan dilaksanakan di Sekumpul Martapura Kalimantan Selatan pada sabtu malam 29 februari 2020 atau 05 Rajab 1441 Hijriah dan 01 maret 2020 minggu malam atau 06 Rajab 1441 Hijriah yang akan dipusatkan di kota Martapura kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. (metro7/budi).