BARABAI, metro7.co.id – Polres Hulu Sungai Tengah (HST) Peringati Hari Bhayangkara Ke-74 gelar upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten HST, Senin (29/6).

Ziarah ke makam dipimpin langsung oleh Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto dan diikuti seluruh Pejabat Utama Polres (PJU) dan Kapolsek Jajaran.

Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto melalui Ps Paur Subbag Humas Aipda M Husaini mengatakan, ziarah ke makam para pahlawan ini rutin pada setiap tahunnya, terutama saat Hari Bhayangkara setiap 1 Juli.

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan ini dalam rangka mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan, sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada mereka.

“Upacara ziarah makam ini untuk mendoakan arwah para pahlawan dan leluhur, serta untuk mengenang jasa para pahlawan,” ungkap Aipda Husaini.

Usai peletakkan karangan bunga di tugu prasasti Taman Makam Pahlawan oleh Kapolres, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan tabur bunga di makam para pahlawan oleh Kapolres dan diikuti yang lainnya.

“Bapak Kapolres saat berikan arahan kepada seluruh anggotanya, dia berharap anggota Polres HST mampu meneladani dan mencontoh semangat dari pahlawan dalam laksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat ditengah pandemi corona,” ucapnya.

Anggota Polri dituntut untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap masyarakat.

“Khususnya yang terdampak Covid-19, dengan berbagai kegiatan sosial yang menyentuh langsung masyarakat, baik dengan paket sembako maupun kegiatan sosial lainnya,” pungkasnya. ***