AMUNTAI, metro7.co.id – Telah berpulang ke rahmatullah Ulama Kharismatik KH Asmuni masyhurnya Abah Guru Danau, pada Jumat 2 Februari 2024 pukul 16.30 Wita di Danau Panggang, Hulu Sungai Utara.

Kabar duka ini pun cepat beredar hingga di media sosial. Bukan hanya Banua Hulu Sungai, tapi pastinya seluruh Kalimantan diselimuti duka. Sebab, sosok Abah Guru Danau dikenal sebagai salah satu ulama besar kharismatik dengan banyak jemaah disetiap pengajiannya.

Pantauan, dari sore hingga malam, di Amuntai mulai banyak para jemaah menuju Danau Panggang rumah duka Abah Guru Danau, bahkan para relawan turut mengatur lalu lintas yang dilewati para pelayat.

Diketahui Abah Guru Danau sosok yang sangat kharismatik dan tokoh panutan. Beliau merupakan murid Guru Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Ijai Sekumpul.

Informasi didapat, meski sudah buka pengajian majelis taklim, beliau tetap mengikuti pengajian Abah Guru Ijai di Martapura baik ketika masih di Keraton maupun setelah pindah ke Sekumpul hingga sang guru meninggal dunia pada tahun 2005. ***