KANDANGAN – Dalam rangka meningkatkan kinerja jajaran kejaksaan di wilayah kerja Kalimantan Selatan (Kalsel), Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel Puji Basuki Setijono SH didampingi istri Dwi Rena Ningsih SH  mengunjungi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kamis (18/9) sekira pukul 10.00.
 Dari pantauan di lapangan, rombongan tiba di HSS dan langsung menuju Kantor Kejaksaan Negeri Kandangan. Kedatangan rombongan disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Andin Adyaksantoro dan Istri Ratmi Andin Adyaksantoro di halaman kantor kejaksaan.  Tidak itu saja semua jajaran kejaksaan Negeri Kandangan juga hadir dalam penyambutan tersebut.
Sebelum memasuki kantor dan melakukan tugas kerjanya, Puji Basuki Setijono disambut dengan tarian tapung tawar yang dibawakan oleh tiga orang penari dari Sanggar Posko La Bastari Kandangan. Usai  memberikan tarian, para penari juga mengalungkan untaikan kembang kepada kedua tamu yang datang.
Setelah prosesi penerimaan tamu dilakukan, dilanjutkan dengan pertemuan tertutup antara pimpinan kejaksaan. Dari informasi, kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel tersebut, adalah untuk mengetahui kinerja jajaran mereka di kabupaten dan kota. Selain itu, kunjungan yang dilakukan juga bagian dari kunjungan kerja dalam rangka kesiapan dalam menjalankan tugas jajaran kejaksaan di suatu wilayah.
 “ Kedatangan, pimpinan ke Kabupaten HSS adalah dalam rangka memantau dan meningkatkan kinerja jajaran kejaksaan,”ujar Kasi Penkum Erwan Suwarna.
Pria yang akrab dengan wartawan ini mengatakan, kunjungan yang dilakukan pimpinan tidak hanya di HSS, tetapi diseluruh wilayah Kalsel. Tujuanya, selain melihat dari dekat kesiapan jajaran kejaksaan juga ingin mengetahui masalah apa saja yang ada didaerah dan dalam bagaimana proses penanangan yang dilakukan. Dengan mengetahui langkah kerja tersebut, maka pimpinan dapat mengambil kebijakan yang berdasarkan pada peraturan yang berlaku.
Erwan juga mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan ini sudah terencana dengan baik, karena itu semua jajaran kejaksaan tinggi sudah mengetahui dan menyiapkan laporan yang diinginkan pimpinan. Sehingga dalam melakukan kunjungan kerja pimpinan dapat menerima laporan secara langsung dari kepala kejaksaan Negeri yang dikunjungi.
Usai melakukan rapat tertutup dengan kepala Kejaksaan Negeri kandangan, dilanjutkan dengan melakukan pemantuan di semua bidang. Dilanjutkan lagi dengan rapat intern yang dihadiri oleh seluruh aparat kejaksaan.
Pada pukul 01.00 Puji Basuki Sutijono melanjutkan pertemuan dengan Bupati HSS Drs Achmad Fikry di Pendopo Kabupaten HSS. Kedatangan kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel ini disambut oleh bupati beserta jajarannya. Sebelum prosesi pertemuan berlangsung, terlebih dahulu digelar makan siang bersama ruang belakang pendopo. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara pertemuan.
Bupati yang didampingi para petinggi daerah dan pimpinan unsur muspida beserta para kepala SKPD Kabupaten HSS, dan perwakilan kepala desa antusias mendengarkan sambutan Pudji. Karena dalam sambutannya Pudji mengatakan bahwa Kabupaten HSS memiliki potensi yang besar dalam semua bidang. Berangkat dari itulah, para aparat dan para pemangku kepentingan diharapkan bisa lebih hati-hati dan bijaksana dalam membuat kebijakan. Karena tanpa kehati-hatian akan menimbulkan resiko yang nantinya berurusan dengan hukum.
Ditempat yang sama,  Drs Achmad Fikry mengatakan dirinya atas nama pemerintah daerah dan pribadi menyambut baik kedatangan Pudji Basuki Setijono. Menurutnya Pemerintah Kabupaten sangat bangga dengan adanya kunjungan tersebut.
“ Saya atas nama Masyarakat HSS, mengucapkan selamat datang kepada bapak Pudji Basuki Setijono di Kabupaten HSS,”ujar Achmad Fikry.
Dalam sambutannya ini, bupati menerangkan langkah dan visi misi pemerintah kabupaten dan luas serta potensi yang dimiliki HSS. (metro7/Fit)