Barabai — Kelurahan Birayang keluar sebagai juara pertama Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013. Atas keberhasilan tersebut, kelurahan ini akan mewakili Kalimantan Selatan dalam lomba serupa di tingkat nasional.
Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Hj Tintainah Harun Nurasid, turun ke lapangan untuk melakukan pembenahan sebagai persiapan menghadapi penilaian tingkat nasional. Istri orang nomor satu di Bumi Murakata ini tidak segan bergotong royong dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan dan menanam Toga di setiap halaman rumah warga.
“Masyarakat diarahkan untuk lebih membudidayakannya dengan berbagai jenis tanaman yang bisa diolah untuk pembuatan jamu dan obat tradisional,” katanya.
Lebih lanjut, Tintainah mengharapkan dengan adanya pembenahan ini Kelurahan Birayang bisa memanfaatkan Toga dan nantinya mampu bersaing dengan daerah lain di tingkat nasional.
“PKK berusaha mengajak masyarakat bahwa Toga bukan hanya untuk ditanam sebagai hiasan tetapi bagaimana cara pemanfaatannya dan bisa bernilai ekonomis sehingga hasilnya bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga,” terangnya.
Secara terpisah, salah satu pengurus PKK HST, Rasmiah, mengungkapkan ada beberapa tanaman wajib dimana setiap rumah harus memilikinya. Yaitu sarai, jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan lainnya. “Adanya tanaman tersebut akan mendukung penilaian lomba pemanfaatan Toga di tingkat nasional,” terangnya. AdvHumHST