Barabai– “Masyarakat harus pintar-pintar memilih, Saya berpesan lihat track recordnya (rekam jejaknya) dan jangan melihat janjinya,” ungkap salah satu tokoh ulama besar di HST yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah Barabai ini.
Disampaikan kepada Metro7 di kediamannya Jum’at, (16/10).
Menurut Ulama yang murah senyum dan merupakan alumni Ponpes Modern Gontor ini, dirinya sangat mendukung dengan disahkannya tiga pasangan calon pemimpin daerah di HST membuktikan bahwa ketiganya benar-benar sudah memenuhi syarat, sehingga peran warga HST lah yang selanjutnya harus benar-benar pintar dalam memilih siapa yang akan menjadi pemimpin kedepan.
“ketiga pasangan calon sudah memenuhi syarat, tinggal masyarakat kita yang harus pintar memilih dan berpartisipasi memilih calon yang terbaik,” katanya.
Terkait hal itu, lanjut dia, dirinya beserta para santri asuhannya menegaskan bersikap netral dan tidak memihak kepada pasangan calon manapun.
“Saya tidak menganjurkan memihak dan mempengaruhi kepada siapapun, termasuk seluruh santri kami tidak diarahkan untuk ikut siapapun bahkan keluarganya sekalipun,” jelasnya.
Namun meskipun demikian ia berharap dan berpesan kepada seluruh santri serta masyarakat HST agar dapat memilih calon yang sudah terbukti memberikan kesejahteraan dan perhatian untuk masyarakat, pandai bermasyarakat, berpendidikan, jejak rekamnya sebelum mencalonkan diri benar-benar orang yang baik dan yang terpenting pandai mengelola keluarganya.
“Saya menegaskan lihat jejak rekamnya bagaimana sebelum ini kebaikan dan perhatiannya kepada masyarakat, orangnya harus sejahtera artinya pandai mengelola dirinya, dia harus berpendidikan, harus pandai bermasyarakat dan yang paling penting bisa mengelola dan memimpin keluarganya dengan baik. Karena bukti pemimpin yang baik dimulai dari keluarga,” tandasnya.
Diakhir pembicaraannya, ulama yang digelari Murabbi ini menegaskan kembali agar masyarakat tidak terpengaruh oleh politik uang.
“Kita jangan terpengaruh dengan siapa yang memberi uang kepada kita atau menyogok kita, tapi pilih calon pemimpin yang sesuai dengan kemantapan hati kita,” ujarnya. ( Metro7/Sal