BARABAI, metro7.co.id – Kini, pelayanan sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semakin Mudah, Cepat, dan Setara.

Kesan inilah yang dirasakan oleh Busyiri (42) kala menceritakan pengalamannya menjadi peserta Program JKN, Jumat (22/12).

Baginya pelayanan yang diperolehnya sebagai peserta JKN kini sangat baik dan melebihi ekspektasinya.

“Saya sudah bertahun-tahun menjadi peserta Program JKN, yang dirasakan sekarang pelayanannya melesat jauh dan sangat baik dari sebelum-sebelumnya di setiap titik layanan, baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun hingga ke tingkat rujukan, semuanya sudah sangat berkembang dan sudah sangat baik pelayanannya,” ujar Busyiri.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai Satuan Pengamanan (Satpam) ini mengaku terobosan-terobosan yang munculkan oleh BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara program ini sudah sangat relevan dengan kebutuhan dan ekspektasi peserta yang semakin terpapar dengan teknologi.

“Banyak sekali saat ini inovasi atau program-program dari BPJS Kesehatan yang memudahkan saya dan peserta lain ketika ingin mengakses pelayanan kesehatan maupun untuk sekedar melakukan pengecekan status kepesertaan. Yang paling jelas tentu adanya Aplikasi Mobile JKN, saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi yang satu ini karena fitur-fitur di dalamnya sudah sangat lengkap menurut saya, contohnya bisa cek status kepesertaan, bisa melakukan perubahan data, dan memperoleh berita-berita terbaru tentang BPJS Kesehatan di aplikasi itu,” jelasnya.

Melanjutkan cerita kekagumannya tentang Aplikasi Mobile JKN, ia mengaku salah satu fitur yang tentu sangat berguna bagi peserta JKN adalah adanya fitur pendaftaran antrean online karena berkat fitur ini Ia maupun istrinya bisa melakukan pendaftaran lebih awal ketika hendak melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan.

“Tentunya sangat mudah dengan fitur pendaftaran online ini, selain bisa diambil di mana dan kapan saja, fitur ini menjadi sangat efektif, karena ada estimasi waktu kapan kita akan memperoleh pelayanan,” jelasnya.

“Informasi itu sangat berguna karena mobilitas saya juga cukup tinggi sehingga dengan adanya estimasi waktu pelayanan ini jadi memudahkan saya dan membuat saya bisa memanfaatkan waktu secara efektif,” tambah pria asal Desa Bukat itu.

Sebagai peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Busyiri mengaku sangat puas karena sejauh ini tidak pernah menemui kendala ketika hendak mengakses pelayanan kesehatan.

Selain itu, terkait status kepesertaannya pun dirinya merasa selalu terfasilitasi dengan baik oleh pihak tempatnya bekerja. Kini, Busyiri terdaftar sebagai peserta Program JKN bersama dengan sang istri. Ia mengaku sangat senang karena mekanisme kepesertaan Program JKN dirasa sama sekali tidak memberatkannya.

“Kalau misal dihitung dengan matematika kasar saja, iuran yang dipotong dari gaji saya lalu kemudian itu sudah bisa mencakup saya dan istri saya maka nominalnya sama sekali tidak memberatkan bagi saya apalagi kalau kemudian dikaitkan dengan hak kelas perawatan yang saya peroleh. Saya merasa sangat beruntung karena telah menjadi peserta Program JKN karena meskipun saya tidak menggunakan secara langsung tapi saya bisa berkontribusi membantu peserta lain yang membutuhkan,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Bus itu.

Atas segala pengalaman dan kemudahan-kemudahan tersebut, ia juga mengaku sangat puas telah menjadi peserta Program JKN dan mengaku sangat puas akan kualitas layanan yang diberikan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam penjaminan maupun dalam pengurusan kepesertaan miliknya.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang terus menawarkan pengalaman baru sebagai peserta JKN. Pengalaman yang serba digital tentu menjadi sebuah pengalaman yang sangat berkesan bagi kami peserta JKN karena dengan tingkat perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat, adaptasi BPJS Kesehatan terhadap perkembangan zaman tentu menjadi sebuah keharusan,” tutupnya.