BANJARMASIN, metro7.co.id – BI Provinsi Kalsel menggelar Capacity Building on G20 Issues untuk stakeholder Daerah di Banjarmasin.

Kegiatan bertajuk “Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Merata dan Berkelanjutan di Kalimantan Selatan Melalui Digitalisasi UMKM dan Pengembangan Green Economy”, di Banjarmasin secara Hybrid, Kamis (11/8).

Acara juga dirangkaikan dengan peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Dibuka dengan opening remarks dari Bapak Bimo Epyanto selaku Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel dan dilanjutkan dengan sesi panel diskusi.

Diskusi dipimpin narasumber Lisa Khulasoh Deputi Direktur DUPK Bank Indonesia, Prof Akhmad Fauzi, Guru Besar Institut Pertanian Bogor, dan Tommy Tjiptadjaja, Co-Founder dan CEO Greenhope.

Sesi diskusi panel dan tanya jawab dipandu oleh moderator Dr Hania Rahma, Dosen Universitas Indonesia.

Secara ringkas, Capacity Building ini membahas mengenai bagaimana pemberdayaan dan digitalisasi UMKM menjadi salah satu upaya inklusi keuangan untuk mendukung pemulihan ekonomi, serta hilirisasi industri melalui inovasi teknologi dan produk ramah lingkungan sebagai kunci dalam mewujudkan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Peserta yang hadir mencapai 231 orang secara luring dan daring yang berasal dari perwakilan stakeholder Bank Indonesia di Kalsel. Para peserta sangat antusias terlibat secara aktif dalam setiap sesi tanya jawab.

Kamis (11/8), di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel juga telah dilaksanakan Peluncuran Buku Sejarah dan Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dengan judul “Dinamika Hulu-Hilir Sungai: Bank Indonesia dalam Lintasan Sejarah Kalimantan Selatan.”

Buku ini hadir melengkapi publikasi BI Instititute, sebagai rekaman institutional memory tentang perjalanan sejarah perkembangan ekonomi Kalimantan Selatan serta kiprah De Javasche Bank hingga Bank Indonesia dalam mengawal laju perekonomian Kalsel dari masa ke masa.

Peluncuran buku ini menandai beredarnya buku ini secara luas di tengah masyarakat. Secara simbolis dilakukan penyerahan buku oleh Arlyana Abubakar kepada beberapa pihak, Prof Dr Bambang Subiyakto Tim Penulis, Ir Pakhri Anhar Tim Penulis, Bimo Epyanto Dep KaKPw BI Kalsel, Dr Ir H Muhammad Fauzi Wakil Rektor BidangKemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat, Way Hudi Anden Ketua Persatuan Pensiunan Bank Indonesia Kalsel.