KOTABARU, metro7.co.id – Anggota DPRD Kotabaru Awaludin dari Fraksi PAN kembali hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang), di Kecamatan Kelumpang Hilir, Rabu kemarin. Ini sehari setelah ia melaksanakan musrenbang di Kelumpang Selatan.

Namun ada yang beda dari sebelumnya, pelaksanaan musrenbang di Kelumpang Hilir ini menurut Awaludin lebih santai.

“Kegiatan berasa lebih lepas karena berlangsung di area wisata Goa Lowo, Desa Tegalrejo. Suasana pun lebih rileks,” ujarnya.

Dikatakannya ada 283 usulan rencana pembangunan disampaikan dalam musyawarah. Awaludin mengaku rutin mengikuti musrenbang karena kegiatan ini dinilainya sangat penting, dan menjadi bagian perwujudan dalam pendekatan partisipatif.

Melalui forum musyawarah inilah kata dia pemangku kepentingan dapat membahas, dan menyepakati langkah penanganan program kegiatan menjadi prioritas utama.

Ia tegaskannya sebagaimana diamanatkan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, bahwa perencanaan pembangunan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari, desa, kecamatan hingga kabupaten.

“DPRD, dalam hal ini memiliki fungsi legislasi yang berkaitan erat dengan pembentukan peraturan daerah. Serta, anggaran, kewenangan dalam hal mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya,” tuturnya. ***

“Hadir di musrenbang tidak hanya mendengarkan aspirasi, tapi juga menyerap gagasan dan ide yang dituangkan dalam daftar usulan pembangunan desa,” imbuhnya.