KOTABARU – Selain produksi padi, tanaman jagung sepertinya cukup menjanjikan untuk Kotabaru.

Ini dengan ditandai panen raya tanaman jagung Desa Sengayam, Pamukan Barat oleh kelompok petani setempat, Rabu (12/2/20).

Dalam panen raya ini dihadiri Bupati Kotabaru dan Dandim 1004 Kotabaru.

Menurut kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin lahan Desa Sengayam lebih bagus dan unggul dibanding lahan yang ada di Pelaihari, Tanah Laut.

“Lahan yang kita punya tanpa harus dipupuk untuk pertumbuhan jagung, karena tanah di daerah Sengayam ini sangat subur,” ujar Hairuddin.

Luas lahan yang dipanen kali ini kata Hairuddin, sekitar 40 Ha dari 1500 Ha lahan yang ditanamani jagung. Jagung ini katanya nanti juga diperuntukkan pakan ternak.

Ia mengatakan prosesnya pun tanpa olah tanah, hanya menggunakan pupuk hibrysida menggunakan bibit BISI 226, menghasilkan 12 ton per hektar untuk panen tahun ini.

“Alhamdullilah kelompok tani disini dalam 1 Ha lahan jagung bisa menghasilkan 12 ton, dari hasil produksi yang seharusnya 15 ton,” bebernya.

Ia berharap lahan jagung ini terus berkembang dan tetap menjadi lahan jagung tidak beralih fungsi menjadi lahan sawit.

Ditempat yang sama bupati menyerahkan bantuan untuk tempat ibadah dan kartu BPJS kesehatan kepada masyarakat Desa Sengayam. (metro7/syn).