KOTABARU, metro7.co.id – Festival layang-layang (kite festival) yang dilaksanakan Pemkab Kotabaru diramaikan pelayang dari luar daerah Kalsel, salah satunya dari Bali.

Kegiatan berlangsung di destinasi wisata Siring Laut dan Mamake Hill.

Persatuan Pelayang Seluruh Indonesia (pelangi) ikut ambil bagian. Elli, pelayang asal Bali mengaku Kabupaten Kotabaru mempunyai potensi untuk olahraga rekreasi layang- layang

Menurut ia Kotabaru sangat berpotensi untuk permainan layang-layang, karena ada bukit yaitu Mamake Hill, buat sport kite.

“Kotabaru memiliki potensi laut, bisa mengundang pelayang internasional untuk bermain kite surfing,” kata dia

“Selain itu juga berpotensi untuk kite fishing, jadi bermain layangan sambil mancing,” katanya

Ia mengatakan layangan bukan hanya sekedar permainan tapi banyak mengandung budaya dan filosofinya.

Kotabaru memiliki jenis layangan khas Kalsel yakni layangan dandang dan tradisi unik betegangan atau beradu memutuskan benang atau tali layangan musuh, agar diperkenalkan sehingga bisa menambah nilai jual wisata.

“Jadi ke depannya bisa kita panggil pelayang pelayang bermain untuk melestarikan lagi layangan tradisional khas kalimantan itu. Fungsinya akan menarik wistawan internasional datang melihat,” ucap dia.

Dengan harapan lanjut Elli, mereka wisatawan datang bukan hanya bermain layangan tapi juga mempelajari budaya lokal bermain layangan. ***