KOTABARU, metro7.co.id – Bupati Sayed Jafar (SJA) didamping wakilnya Andi Rudi (Arul), serta forkopimda melakukan panen raya padi seluas 37 Ha, di Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, Selasa (25/5/2021).

Provitas yang dihasilkan dari panen raya oleh kelompok tani merdeka Indah yakni kisaran 3 ton perhektarnya, di luas sawah 37 Ha. Terlihat mengenakan seragam dinas Sayed Jafar dan Andi Rudi kompak menaiki mobil combine dan melakukan panen.

Sayed Jafar menyampaikan panen raya ini adalah bentuk kerjasama antara pemerintah daerah dan Kementerian Pertanian. Program ini kata dia sudah berjalan sejak awal ia menjabat menjadi Bupati Kotabaru sesuai dengan visi – misi pemerintah.

“Rata-rata produksi padi di Desa Langadai sekitar 3 sampai 3,5 ton perhektar, tahun ini dari bupati melalui dana APBD memberikan bantuan pendampingan seluas 137 hektar untuk 1 kecamatan,” ujarnya

Ia mengatakan dengan adanya program ini diharapakan kepada kelompok petani Merdeka Indah dapat meningkatkan produksi dengan hasil meningkat menjadi 7 ton perhektar yang sebelumnya rata-rata produksi hanya 3,5 ton.

Sementara, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalsel, perwakilan dari Kementerian Pertanian, Dr Muhammad Amin menyampaikan bahwa panen yang dilaksanakan di Desa Langadai adalah sinegritas pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Untuk mendukung strategis pertanian di Kotabaru, piahaknya hadir di tengah masyarakat dalam meningkatkan produksi sektor pertanian, sesuai dengan visi-misi bupati diantaranya adalah pertanian.

“Dalam kondisi pandemi covid-19 peningkatan sektor pertanian mengalami peningkatan 14 persen, diharapkan kepada pemerintah daerah agar terus mendukung masyarakat untuk meningkatkan hasil sektor pertanian,” ucapnya

Disamping itu pula, diserahkan bantuan dari pemerintah daerah berupa bantuan dempran peningkatan mutu intesifikasi untuk lahan seluas 10 hektar untuk Kelompok Tani Rinding Aluh dan kelompok tani Merdeka Indah bantuan benih padi hibrida, bantuan bubu tikus dan jaring burung. ***