Barabai — Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan 1434 H, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar Festival Gema Ramadan 2013. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan GP Anshor, IPNU, IPPNU, Fatayat NU dan PMII HST.
Pelepasan peserta festival yang diadakan pada Selasa malam, (23/7) depan Kantor KP2T ini, langsung dilakukan oleh Bupati Harun Nurasid, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK HST, Hj Tintainah Harun Nurasid.
Budaya ini lahir untuk mengisi malam-malam di bulan Ramadan dengan kemeriahan. Orang-orang berjalan mengelilingi kampung dengan membawa lampion (tanglong) sembari mendendangkan lagu-lagu pujian kepada Allah dan Nabi Muhammad. Dengan diiringi peralatan musik seadanya, sesekali di tengah kumandang lagu diselipkan lengkingan kata “sahur” untuk membangunkan (bagarakan) orang-orang agar segera menyiapkan makan sahur.
Bupati Harun dalam sambutannya mengungkapkan menyambut baik terlaksananya kegiatan yang menjadi tradisi dan terlahir dari kearifan lokal di bulan suci Ramadan ini. “Ritual membangunkan sahur sudah identik dengan masyarakat kita dan festival ini merupakan salah bentuk apresiasi terhadap kreativitas budaya Islami yang dikemas sebagai hiburan dan daya tarik wisata, tentunya setiap tahun ” kata Harun Nurasid.
Panitia Pelaksana yang juga Ketua GP Ansor HST Yusran, peserta Festival Gema Ramadan tahun 2013 ini dibagi menjadi dua lomba kegiatan, yakni Lomba Tanglong dan Lomba Bagarakan Sahur.
Untuk lomba bagarakan sahur  diikuti 50 kelompok, sedang untuk pawai tanglong diikuti 30 kelompok yang datang dari seluruh pelosok Kabupaten HST. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena pawai tanglong bisa dilepas langsung oleh Bupati HST H Harun Nurasid beserta istri. Ini wujud kepedulian kepala daerah serta menjadi kebanggaan dan penghargaan tersendiri bagi kami panitia pelaksana khususnya dan warga HST umumnya baik yang menjadi peserta maupun yang menonton,” katanya. 
Adapun pemenang lomba bagarakan sahur yaitu dari Grup Tarung Kisik dari Barikin sebagai juara pertama, grup gerebek sahur Nurul Islah Banua Binjai sebagai juara kedua dan Pandawa Grup dari Desa Panggung sebagai juara ketiga. Sedangkan pemenang lomba pawai tanglong yaitu dari grup Langgar Muqarrabin dari Banua Binjai sebagai juara pertama, Firdaus dari Bawan sebagai juara kedua dan dari Al-Akhyar dari Kemasan sebagai juara ketiga.
Herman salah satu perwakilan kelompok Langgar Muqarrabin, mengungkapkan bahwa hasil yang dicapai kelompoknya pada tahun ini tidak lain karena persiapan yang matang selama dua minggu sebelum festival berlangsung. AdvHumHST