BARABAI – Guna mencapai keberhasilan pelaksanaan program KB dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar sosialisasi Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) bagi Lurah, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di HST.
Sosialisasi tersebut berlangsung di Aula RSUD H Damanhuri Barabai, Senin (17/11/2014), dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Hasbi, Sekretaris Dinas Kesehatan HST Ahmad Rajida, narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dr Sri Wahyuni, dan seluruh peserta.
Sekretaris Dinkes HST Ahmad Rajida dalam laporannya menyatakan bahwa sosialisasi ini melibatkan Lurah dan kepala desa karena memiliki peran dan fungsi strategis terutama dalam memberikan informasi yang lebih baik tentang program Kependudukan dan KB kepada masyarakat diwilayahnya
“Kegiatan ini juga bekerjasama dengan elemen masyarakat yang dapat menjadi mitra dalam mengembangkan dan meningkatkan program KKB,” katanya.
Bupati HST Dr H Harun Nurasid dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Hasbi menyampaikan program KB merupakan program nasional yang harus kita sukseskan bersama, dimana program ini telah berjalan sejak 1970.
“Program KB ini bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran yang nantinya akan terwujudnya keluarga kecil bahagia  dan sejahtera, memiliki rasa aman, tentram dan mempunyai harapan masa depan yang lebih baik,” terangnya.
Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 200 orang dengan materi yang disampaikan adalah Program pengendalian kependudukan dan KB, kesehatan Reproduksi dan alat kontrasepsi jangka panjang. (AdvHumHST)