BANJARMASIN, metro7.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan (Kalsel) berencana menyerahkan bantuan kesiapsiagaan bencana kepada Dinsos Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bertepatan dengan kunjungan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

 

“Bantuan buffer stock sebesar Rp 180 juta lebih akan diserahkan langsung nantinya oleh Mensos Ibu Risma kepada Bupati dan Kadinsos HST,” kata Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Kalsel Achmadi di Banjarmasin.

 

Alasan dipilihnya Kabupaten HST berkaca pada bencana banjir yang terjadi di Kalsel beberapa waktu yang lalu. Oleh karena itu, Pemprov Kalsel berupaya mempersiapkan kantong bantuan tanggap darurat berupa logistik kebutuhan keluarga bagi korban bencana.

 

“Buffer Stock kemungkinan hanya bisa untuk tanggap darurat pertama, apabila habis atau kurang akan kita penuhi kembali. Ini memakai anggaran campur dari Kemensos serta APBD Provinsi,” tambah Achmadi.

 

Awalnya, Menteri Sosial dijadwalkan akan berkunjung ke Kalsel pada tanggal 9 sampai 10 September mendatang. Akan tetapi, ada kemungkinan diundur sesuai informasi terakhir yang diterima.

 

“Pada prinsipnya kami menyesuaikan jadwal Mensos dan bantuan bufferstock paket bantuan Dinsos Kalsel ke Dinsos HST sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui Kemensos dan Pemprov Kalsel. Penguatan kebutuhan darurat bencana sangat penting sebagai upaya pengurangan risiko korban bencana alam dan pandemi COVID-19 ini,” kata Achmadi.