BATULICIN, metro7.co.id — UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan PT Borneo Indobara (PT. BIB) menyelenggarakan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di bidang Pariwisata dengan fokus pada Pengelolaan Homestay.

Acara itu dilaksanakan di UMKM Center PT Borneo Indobara, Kecamatan Angsana, Minggu (18/6/2023).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanah Bumbu, H. Avian Noor, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif perusahaan dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah.

“Peningkatan jumlah tenaga kerja dengan sertifikasi kompetensi merupakan tujuan yang perlu terus didorong dan ditingkatkan. Terutama dalam bidang homestay yang membutuhkan pelayanan yang profesional,” jelasnya.

Pelatihan ini mencakup dua jenis materi, yaitu Materi Teori yang disampaikan di UMKM Center dan Materi Praktek yang akan dilakukan di MP Resort dan Karmila Hotel.

Jumlah instruktur sebanyak empat orang, dengan total peserta mencapai 23 orang yang terdiri dari manajemen dan karyawan hotel. Beberapa Materi Kompetensi yang akan disampaikan meliputi Room Service, Food n Beverage, Kepariwisataan, dan Penceritaan.

Kepala BLK Tanah Bumbu Riza Akhyari, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat menarik karena melibatkan empat skema materi yang diajarkan oleh instruktur yang sangat kompeten.

Selama tujuh hari, peserta akan memperoleh teori dan praktik dalam bidang Room Service, Food n Beverage, Smart Tourism, dan Story Telling, dan pada hari terakhir, akan ada kejutan khusus untuk peserta sehingga tidak ada peserta yang akan melewatkan materi yang penting dalam pelatihan ini.

“Dengan diselenggarakannya Program Pelatihan Berbasis Kompetensi ini, diharapkan tenaga kerja di sektor pariwisata dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, serta memberikan pelayanan yang lebih baik.

BLK Tanah Bumbu dan PT Borneo Indobara berharap agar pelatihan ini memberikan manfaat nyata bagi peserta dan mendorong perkembangan sektor pariwisata yang lebih maju di Tanah Bumbu,”ungkapnya.

Penandatanganan MoU antara BLK Tanah Bumbu dan PT BIB juga menjadi langkah penting dalam memperkuat kerja sama di bidang peningkatan kompetensi tenaga kerja. *