PARINGIN – Guna melahirkan wirausahawan-wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di masyarakat, mitra kerja PT Adaro Indonesia yang terdiri dari PT Pamapersada Nusantara (PT PAMA ADRO) dan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (PT BUMA) melangsungkan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan Las Listrik dan Operation Basic Office (komputer) bagi pemuda-pemudi angkatan kerja bekerjasama dengan UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Balangan.

Ono Karno selaku CSR Manager PAMA dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan utama program pelatihan ketrampilan pemuda angkatan kerja ini adalah untuk menumbuhkan dan melahirkan wirausahawan-wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat benar-benar dimanfaatkan sebaik mungikin oleh para peserta pelatihan, sehingga materi dan ilmu pelatihan dapat diserap dan diaplikasikan paling tidak dimulai dari lingkup desa masing-masing.

“Sehingga ilmu yang mereka dapatkan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Balangan H. Akhmad Syarwani dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada perusahaan yang selalu berperan aktif dalam program pembangunan dan peningkatan SDM di sekitar perusahaan.

Tidak hanya itu, dia juga berharap agar kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pihak perusahaan dalam program-program pembangunan daerah dapat terus berjalan dengan baik, sehingga hasil yang dirasakan oleh masyarakat bisa lebih maksimal dan tepat sasaran.

Kepada para peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan dengan serius, disiplin dan tuntas sehingga akan terlahir tenaga-tenaga ahli yang dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Balangan dan menciptakan lapangan kerja baru, baik itu usaha perbengkelan, jasa berbasis komputer maupun usaha lainnya yang berkaitan dengan materi pelatihan yang sudah diberikan.

Informasi didapat, melalui program bidang pendidikan Corporate Social Responsibility (CSR),
peningkatan kompetensi, ketrampilan dan produktifitas Sumber Daya Manusia (SDM) sekitar area operasional perusahaan merupakan point penting yang harus selalu diperhatikan oleh perusahaan.

Selain dapat bermanfaat ketika diperlukan tenaga-tenaga ahli untuk mensupport keperluan internal perusahaan, selain itu juga dengan semakin meningkatnya potensi SDM, akan melahirkan para pelaku-pelaku usaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan akan menekan tingkat ketergantungan masyarakat terhadap perusahaan.

Pelaksanaan pelatihan ketrampilan pemuda-pemudi angkatan kerja tahun 2019 diikuti oleh total 32 peserta pelatihan yang berasal dari Balangan.

Pelatihan ini berlangsung selama 1 bulan dengan materi pelatihan las listrik dan Operation Basic Office (komputer).

Untuk kegiatan pelatihan sendiri akan dibagi pada sesi pelatihan kelas materi dan kelas praktek langsung menggunakan peralatan yang tersedia di BLK Balangan serta dilanjutkan dengan praktek lapangan.

Dalam kegiatan pembukaan pelatihan yang diadakan di Aula BLK Disnakertrans Balangan ini, dihadiri juga oleh S.G. Sinaga selaku CSR Manager PT BUMA, Kabid Pendidikan dan Pelatihan H Sintapare, Kepala UPT BLK Zaki Mutaqin beserta para instruktur yang akan memberikan pelatihan bagi semua peserta pelatihan. (metro7/via/rel)