TANJUNG, metro7.co.id – Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional Tingkat Kabupaten Tabalong Ke-46 akan diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2021 yang akan datang. Untuk penyelenggaraan tersebut Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tabalong melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan MTQ Ke-46 Tingkat Kabupaten Tabalong, Kamis (28/01/2021) diruang Sekretaris Daerah Setda Tabalong.

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Tabalong, H.Abdul Muthalib Sangadji melibatkan Camat Tanta selaku tuan rumah penyelenggaran kegiatan MTQ, Kepala LPTQ Kecamatan Tanta, Ketua I LPTQ Kabupaten Tabalong, Ketua II LPTQ Kabupaten Tabalong, Sekretaris LPTQ Kabupaten Tabalong, dan dari Kemenag Tabalong yang diwakili H.Sahidul Bakhri, dan H.Abadi.

Dalam rapat ini membahas berbagai sisi persiapan pelaksanaan, seperti tempat pelaksanaan cabang lomba, dan jumlah peserta yang akan dilibatkan mengikuti Musabaqah ke-46. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Tabalong, H.Sahidul Bakhri mengatakan, MTQ Tingkat Kabupaten Tabalong Ke-46 direncanakan digelar pada pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2021.

“Berbeda dengan penyelenggaraan tahun- tahun sebelumnya, karena kondisi pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Jadi, MTQ yang akan kita selenggarakan secara terbatas dan tetap menerapkan anjuran protokol kesehatan,” ujar Sahidul Bakhri.

Dari hasil rapat, Sahidul Bakhri berharap, kegiatan MTQ yan akan digelar kali ini berjalan lancar.

“Banyak yang dibahas bersama Sekretaris Daerah selaku ketua umum,  mudah-mudahan kegiatan MTQ nanti bisa berjalan lancar, walaupun disaat pandemi Covid-19. Dengan penyelenggaraan kegiatan MTQ secara sederhana ini mudah-mudahan bisa membawa berkah,” harapnya.

Sementara menurut Camat Tanta, Bahdur Husni untuk rencana pelaksanaan ada dua opsi.

“Yang pertama kemungkinan acara pembukaannya akan dilaksanakan secara virtual di Pendopo Bersinar Tanjung yang akan dihadiri oleh masing-masing kecamatan. Opsi lain kemungkinan pembukaan dilaksanakan di Kecamatan Tanta mengambil tempat di Mesjid Noor, tetapi hasil rapat ini nanti akan dikoordinasikan lagi dengan Bupati Tabalong untuk minta arahan dan petunjuk beliau,” ujar Bahdur.

Rencana pelaksanaan MTQ selama empat hari, dan untuk tempat lomba akan dipersiapkan sekitar 10 buah tempat lomba yang disiapkan, diantaranya mesjid, ruang sekolah, dan diruang kantor Kecamatan Tanta, kemudian ada juga rumah yang disediakan untuk tempat singgah kafillah dua buah rumah untuk masing-masing kecamatan, ditambah dua buah rumah untuk dewan hakim.

Bahdur juga lanjut menjelaskan, untuk sarana transfortasi rombongan peserta lomba atau kafillah dari kecamatan akan disediakan mobil angkutan orang dari Dinas Perhubungan bantuan CSR.

“Kesiapan kami untuk penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Tabalong Ke-46 ini, sudah siap dengan dibuatnya susunan kepanitiaan, tempat lomba, rumah singgah. Tinggal persiapan teknis lainnya, seperti akan ada rapat kerja, tim kerja yang secara teknis membimbing semua anggota panitia MTQ kecamatan, yang akan membimbing adalah dari pihak LPTQ Kabupaten Tabalong,” jelas Bahdur.****