BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi bersama Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel serta unsur Forkopimda HST melaksanakan tanam dan panen padi bersama, di Desa Pengambau Hulu Kecamatan Haruyan, Selasa (26/9).

Lahan yang mereka tanami tersebut milik Kelompok Tani Bumbuhak di Desa Pengambau Hulu, Kecamatan Haruyan.

Langkah itu dilakukan sebagai mendukung gerakan nasional penanganan dampak el nino. Selain tanam padi, acara yang diinisiasi Dinas Pertanian HST ini sekaligus panen bersama.

Padi yang ditanam jenis cakrabuana dan yang dipanen padi mikongga. Dengan luasan lahan 28 hektar.

Bupati Aulia mengungkapkan, data dari Dinas Pertanian banyak petani yang gagal panen dan tanam sebab kondisi cuaca saat ini, langkah ini dilakukan sebagai mendukung gerakan nasional penanganan dampak El Nino.

“Inilah salah satu mitigasinya, di tengah produksi menurun kita mencoba menanam lagi agar bertambah sehingga produksi pertanian bisa menutupi kekurangan,” katanya.

Menurutnya, ini adalah salah satu usaha pemerintah, salah satunya memberikan bibit untuk luas lahan 28 Hektar. “Insya Allah kita fokuskan di Desa Pengambau Hulu ini,” ujarnya.

Bupati berharap, semoga apa yang ditanam dapat menambah keberkahan dan membantu pertanian di Bumi Murakata, tentunya bantuan bibit ini adalah suatu rezeki yang bisa dirasakan bersama.

“Semoga ikhtiar yang kita lakukan ini mendapatkan hasil yang bagus, diijabah oleh Allah SWT, kita bisa melalui musim kemarau yang cukup panjang dan panas, sehingga hasil pertanian kita bisa bertahan, hasilnya bagus dan selamat dunia akhirat,” tambahnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung mengatakan, dalam menyikapi dampak El Nino di HST, Dinas Pertanian segera mengarahkan BPP Kecamatan untuk mengusulkan Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) bantuan saprodi budidaya padi untuk percepatan tanam padi di Kecamatan masing-masing.

“Desa Pengambau Hulu Kecamatan Haruyan merupakan salah satu wilayah yang berpotensi untuk tanam pada tiga kali dalam setahun. Karena wilayah tersebut sudah ada jaringan irigasi usaha tani untuk memudahkan pengairan bagi petani pada saat melaksanakan penanaman padi,” jelasnya.

Itulah kenapa, bebernya, Kelompok Tani Bumbuhak Desa Pengambau Hulu terpilih menjadi lokasi untuk kegiatan tanam dan panen padi dalam rangka gerakan nasional antisipasi dampak El Nino di HST.

“Tujuan kegiatan pertama dalam rangka gerakan nasional antisipasi El Nino untuk mengejar gerakan percepatan tanam agar ketersediaan pangan di HST tetap dalam kondisi aman. Tujuan berikutnya memaksimalkan bantuan Alsintan untuk penangan kekeringan kondisi lahan pertanian di HST,” tutupnya.

Turut berhadir, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalsel, Plt Kepala Dinas Pertanian HST, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST, Kepala Bulog Cabang Barabai, Forkopimcam Haruyan, Kelompok Tani Bumbuhak dan undangan lainnya.