TANJUNG, metro7.co.id – Seseorang pria diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran dan mengamuk di jalan sembari membawa Senjata tajam (Sajam) di Desa Padang Panjang, Kecamatan, Tanta Kabupaten Tabalong diamankan petugas. Senin (8/1/2024) siang.

Adapun identitas pria di duga ODGJ, Surya (57) Desa Banua Anyar Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, melalui Kasi Humas Iptu Joko Sutrisno mengatakan, bahwa laki – laki diduga ODGJ tersebut diamankan ke mapolsek Tanta dan kemudian menghubungi pihak Kecamatan yang diwakili oleh Sekcam dan Kasi Trantib serta Dinsos Kabupaten Tabalong, untuk penanganan lebih lanjut.

“Dari tangan ODGJ tersebut diamankan barang yang ada padanya berupa 3 senjata tajam dan 2 besi panjang,” ujar Joko

Hasil pemeriksaan awal unit reskrim Polsek Tanta didapat kesimpulan tidak ada motif lain dari tindakan ODGJ tersebut, dan murni tindakan tidak dalam kendali kesadarannya.

Selanjutnya yg bersangkutan dibawa ke rumah singgah Dinsos Tabalong, dalam 1×24 jam dari pihak keluarga dari Kandangan tidak menjemput, akan diantar oleh pihak rumah Singgah Dinas Sosial Tabalong ke rumahnya di Kandangan, Hulu Sungai Selatan.

“Dengan diamankannya laki – laki di duga ODGJ di Desa Padang Panjang, Tanta, maka pengguna jalan atau masyarakat yang melintas di Jalur tersebut merasa nyaman tidak ada lagi gangguan yang dapat berpotensi mengancam keselamatan. Baik itu luka terkena benda tajam ataupun laka lantas,” pungkasnya. ***