Amuntai — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara sangat terbantu dengan adanya program percepatan pembangunan infrastuktur dari pemerintah pusat.
Seperti diketahui, hampir 90 persen wilayah HSU diselimuti hamparan rawa yang menyebabkan kurangnya sarana perhubungan darat seperti jalan dan lain sebagainya. “Akibat minimnya infrastruktur jalan menyebabkan beberapa desa terisolir,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara, Eddyan Noor Idur, baru-baru tadi.
Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastuktur Pemukiman (P4IP) sangat membantu sejumlah desa yang mendapat bantuan ini. Melalui P4IP ini, kata Eddy, sebanyak 29 desa mendapat bantuan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) dan sebanyak 2 desa lainnya di Kecamatan Amuntai Tengah, yakni Desa Pinangkara dan Danau Cermin mendapat bantuan Program Pengentasan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP).
Saat membuka Sosialisasi program ini di tingkat kabupaten, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) sebagaimana disampaikan Eddy mengarahkan para kepala desa penerima bantuan PPIP agar memanfaatkan dana bantuan untuk pembangunan infrastuktur dasar pemukiman yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat di desa masing-masing. “Supaya pembangunan infrastrukur dapat meningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar di desa” katanya.
Melalui bantuan ini, masyarakat desa juga bisa membangun infrastruktur air bersih, drainase, jembatan dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Saat itu bupati meminta agar setiap perencanaan program ini benar-benar melibatkan partisipasi warga melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat serta dilaksanakan secara terbuka, sederhana, dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu ia meminta kepada para kepala desa agar melaksanakan program bantuan ini sesuai petunjuk teknis pelaksanaannya. Sementara bagi para camat diinstruksikan mengawasi dan mengevaluasi program ini agar terlaksana dengan baik. “Semoga melalui program ini juga mampu mewujudkan kemandirian masyarakat sebagai bentuk partisipasi untuk turut bersama mengentaskan kemiskinan,” tandasnya. (Metro7/Humas)