Paringin- Program Corporate Social Responsibilty (CSR) sebuah perusahaan merupakan program yang wajib ada. Hal ini dipahami betul oleh Mulyana Rusman selaku Humas PT Pamapersada Nusantara (PAMA).
Dalam menjalankan program CSR nya PAMA melibatkan berbagai elemen masyarakat termasuk diantaranya para siswa-siwsi baik dari tingkat sekolah dasar, maupun sekolah menengah atas. Melalui program CSR-nya yang bertema  Ramah Lingkungan dari program adiwiyata yang dilaksanakan di sekolah sekolah kabupaten balangan , PAMA mencetak kader-kader yang peduli akan lingkungannya dengan mewujudkan kegiatan yang tidak merusak lingkungan.
“Program CSR kami yang bertemakan.  Ramah lingkungan ini, bertujuan untuk menciptakan kader-kader muda yang mencintai lingkungan dan mandiri,” kata Mulyana  Belum lama tadi.
Program  Ramah lingkungan CSR PAMA, salah satunya program penanaman sayur mayur,tanaman toga,dan jenis tanaman lainnya  dengan memanfaatkan media air. Program ini kini tengah dilakukan oleh siswa-siswi Sekolah yang ada dikabupaten balangan. Para siswa-siswi ini berhasil menanam  sayuran dengan memanfaatkan media air.
Sayuran seperti kangkung dan sawi telah mereka tanam di kolam-kolam kecil sekolahnya. Saat ini pun mereka sudah dapat memanen kasil sayurannya yang selalu siap panen tiga minggu sekali.
“Kita sudah memanen tiga minggu sekali, dan hasil panennya kita nikmati dengan adik-adik kelas kita,” ujar Ilham salah satu siswa SMP 1 paringin  saat ditemui dilokasi yang sama.
Program  Ramah lingkungan dibawah acuan PT Adaro indonesian melalui pama persada nusantara . PAMA juga melengkapi program ramah lingkungan dengan cara berlomba untuk mendapatkan nilai yang tinggi bagi para kader adiwiyata  lingkungan .
Meskipun program ini sekedar program ramah lingkungan Mulyana  percaya aksi ini akan menjadi awal yang membuka para generasi muda dengan masa depan lebih baik, terutama generasi muda yang telah bergabung dalam program Ramah  lingkungannya dan masuk kualifikasi mendapatkan nilai tertinggi se provinsi.
“Dalam memberi klasipikasi nilai tertinggi  kita pilih sekolah  yang berprestasi  untuk mendapatkan kualifikasi keduanya kita mendapat rekomendasi dari guru-guru di sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan PAMA,” kata Mulyana Rusman.
Pama merupakan perusahaan yang dimilik United Tractors, Tbk (UT) yang menjadi distriburutor kendaraan, konstruksi berat Komtasu di Indonesia. PAMA dibentuk ada pada tahun 1974 dalam bentuk devisi rental di bawah UT yang bergerak proyek konstruksi pertambangan, minyak, penyiapan lahan dan logging. (Metro7/sri)